SOLOPOS.COM - Kandang ternak milik warga Dayu, Karangpandan rusak tertimpa pohon tumbang pada Jumat (19/1/2024). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Hujan dan angin menerjang wilayah Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar pada Jumat (19/1/2024) dan menyebabkan pohon tumbang. Pohon itu menimpa dapur rumah dan kandang ayam warga Dayu, Karangpandan.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Hendro Prayitno, mengatakan hujan disertai angin kencang melanda wilayah Karangpandan sekitar pukul 08.00 WIB. Hujan dan angin ini mengakibatkan pohon di halaman belakang rumah milik Ngadino, 46, warga Dayu, tumbang.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pohon tersebut tumbang mengenai  dapur dan sebagian kandang ternak milik korban. “Alhamdulillah tidak ada korban. Saat kejadian itu juga kandang ayam kosong sehingga tidak ada ayam yang mati,” katanya.

Tim BPBD bersama relawan setempat langsung ke lokasi untuk mengevakuasi pohon tumbang. Proses evakuasi dilakukan dengan cara memotong pohon menggunakan gergaji mesin.

Pohon tumbang juga terjadi di jalan raya Popongan pada Jumat sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Petugas langsung membersihkan lokasi saat itu juga.

Dia meminta warga mewaspadai pohon tumbang begitu ada hujan disertai angin. Jangan sampai warga berteduh di bawah pohon atau di lokasi yang dinilai rawan terkena pohon tumbang. Saat berteduh, warga diminta mencari lokasi yang dirasa aman.

“Potensi hujan dan angin masih akan terjadi sampai Februari nanti. Jadi harus ekstra waspada pohon tumbang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya