SOLOPOS.COM - Ilustrasi takbiran keliling. (Solopos/dok)

Solopos.com, WONOGIRI – Menjelang malam takbiran hari raya Idulfitri 1445 Hijriah, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Wonogiri, AKBP Andi M.Indra Waspada, melalui Kepala Seksi Humas (Kasihumas) Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo, mengimbau warga untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta tidak mengadakan takbir keliling di jalan raya yang bisa mengganggu kelancaran lalu lintas, Selasa (9/4/2024).

“Malam takbiran merupakan momentum yang dinanti-nanti oleh umat Islam untuk menyambut hari raya Idulfitri. Oleh karena itu, saya mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk tetap menjaga kamtibmas dan tidak melakukan kegiatan yang dapat mengganggu ketenangan dan keamanan masyarakat, bila melaksanakan takbiran cukup di masjid atau musala saja dan tidak turun di jalan raya” kata Anom.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Lebih lanjut, Anom menyampaikan agar warga tidak melakukan konvoi kendaraan yang dapat mengganggu arus lalu lintas.

Selain itu, warga juga diimbau untuk tidak menyalakan petasan atau kembang api saat menggelar takbiran karena dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Serta dilarang mabuk-mabukan yang sangat mungkin menimbulkan gesekan.

“Mari kita bersama-sama menjaga kamtibmas di wilayah Kabupaten Wonogiri agar malam takbiran dan hari raya Idulfitri dapat berjalan dengan aman dan lancar,” imbuh Anom.

Anom kemudian menyampaikan beberapa tip untuk menjaga kamtibmas di malam takbiran agar berjalan sesuai harapan semua pihak, di antaranya:

1. Tetap berada di rumah dan tidak melakukan konvoi kendaraan.

2. Melaksanakan takbiran cukup di masjid atau musala terdekat.

3. Tidak membunyikan petasan atau kembang api.

4. Saling menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

“Jika melihat atau mengalami kejadian yang mencurigakan, segera laporkan kepada pihak kepolisian,” kata Anom.

Sehingga, dengan kesadaran dan tanggung jawab bersama semua pihak harapannya malam takbiran serta hari raya Idulfitri mendatang dapat berjalan dengan hikmat, aman, dan tenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya