SOLOPOS.COM - Karyawan dan santri PPMI Assalaam, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, memotong-motong daging hewan kurban di kompleks PPMI Assalaam saat Iduladha, Senin (17/6/2024). (Istimewa/Humas PPMI Assalaam)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pondok Pesantren Modern Islam atau PPMI Assalaam, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, memotong 67 hewan kurban yang terdiri atas 26 ekor sapi dan 41 ekor kambing pada hari raya Iduladha, Senin (17/6/2024).

Daging kurban langsung didistribusikan ke sejumlah daerah di Soloraya, bahkan sampai Pacitan, Jawa Timur dan Gunungkidul, DIY. Kepala Humas Kerjasama dan Pengabdian Masyarakat PPMI Assalaam, Devi Hidayah Fajar, mengatakan proses penyembelihan hewan kurban dilakukan di kompleks barat untuk santri putra dan kompleks timur untuk santri putri.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Para santri dilibatkan dalam momen Iduladha 1445 H. Mereka juga turut berpartisipasi saat proses penyembelihan hewan kurban,” kata dia, Senin (17/6/2024). Daging hewan kurban kemudian dipotong-potong oleh para santri putri.

Potongan daging lantas dimasukkan ke dalam keranjang besar. Beberapa santri lainnya memasukkan potongan daging ke dalam kantong plastik. Keterlibatan para santri dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban merupakan bagian dari edukasi sosial kemasyarakatan.

“Para santri juga sering tinggal di rumah warga serta mengikuti kegiatan di desa. Sehingga diharapkan mereka lebih memahami kondisi sosial kemasyarakatan di kampung maupun desa,” papar Devi.

Lebih jauh, Devi menambahkan daging hewan kurban tersebut lantas disalurkan ke warga yang berdomisili di sekitar PPMI Assalaam Kartasura, Sukoharjo. Sebagian daging kurban disalurkan ke daerah binaan PPMI Assalaam.

Hal ini wujud pengabdian terhadap masyarakat sekaligus dakwah islamiah. “Misalnya, Sidomulyo di Pacitan, Jawa Timur atau Tepus, Gunungkidul, DIY. Kalau Soloraya, rata-rata ada desa binaan PPMI Assalaam di masing-masing daerah,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya