SOLOPOS.COM - Para CPD difasilitasi dalam pembuatan akun untuk PPDB Online 2024 di SMAN 1 Sragen, Jumat (14/6/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN-Ratusan calon peserta didik (CPD) mendatangi SMAN 1 Sragen untuk membuat akun dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2024, Jumat (14/6/2024). Saat antrean menumpuk sistem aplikasi PPDB online SMA sempat down atau tidak bisa diakses selama 29 menit. Dampaknya antrean CPD semakin bertambah banyak.

Prosedur pembuatan akun itu dilakukan lewat skrining kelengkapan berkas. Dari hasil skrining, para CPD memasuki ruang verifikasi berkas yang disiapkan ada empat ruang oleh panitia. Setelah diverifikasi sesuai jalurnya, baik jalur zonasi, afirmasi, pindah tugas orang tua, dan prestasi, para CPD baru bisa membuat akun yang difasilitasi panitia PPDB SMAN 1 Sragen.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Khansa Salwa Putri Nugroho, pelajar lulusan SMPN 5 Sragen, membuat akun dengan dibantu operator di laboratorium komputer SMAN 1 Sragen. Dia dibantu membuat titik koordinat dan mengisi nilai rapor yang disiapkan. Dalam proses pengisian berkas, petugas sempat mengalami gangguan saat melanjutkan tahapan sehingga harus mengulangi dari awal.

“Saya tinggal di Widoro, Sragen Wetan, sehingga mendaftar ke SMAN 1 Sragen lewat jalur zonasi karena jaraknya dekat. Saya tadi mengantre sejak pukul 08.30 WIB dan baru bisa terlayani pada pukul 10.30 WIB,” ujarnya.

Berbeda dengan Alfiansyah Putra, lulusan SMPN 2 Sragen, asal Teguhan, Sragen Wetan, juga mendaftar jalur zonasi ke SMAN 1 Sragen dengan diantar bapaknya. Alfian masih mengantre dengan mendapat nomor antrean 240, padahal pada pukul 11.00 WIB, urutan antrean baru 186.

“Iya masih menunggu. Berkas sudah lengkap. Tadi servernya sempat down atau tidak bisa diakses. Tadi mulai down pukul 09.02 WIB dan baru bisa diakses lagi pada pukul 09.31 WIB. Jadi selama 29 menit,” ujarnya.

Alfian optimistis bisa diterima di SMAN 1 Sragen karena jaraknya sekitar 1 km dari rumah. Dia mengatakan antrean cukup lama karena operatornya terbatas.

Ketua Panitia PPDB SMAN 1 Sragen, Fudholi Ariyadi, membenarkan adanya gangguan server hampir 30 menit di awal-awal. Dia sempat berkoordinasi dengan sekolah lain dan ternyata sama-sama ada gangguan yang sama. Dia mengatakan gangguan itu berarti sama karena server dari pusat.  “Tadi langsung bisa dan lancar lagi,” ujarnya.

Fudholi mengatakan pada hari pertama pembuatan akun PPDB online masih sepi tetapi pada hari ketiga sudah ada  500-an CPD dan pada Jumat ini sudah ada 400 CPD yang memgajukan pembuatan akun. Dia mengatakan pelayanan ditingkatkan dengan membuka beberapa ruang pelayanan dari jam 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Dia melanjutkan setiap sore dilaporkan ke Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah VI Jateng.

“CPD yang belum bisa terlayani hari ini bisa dilayani pada hari berikutnya,” katanya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Pembangunan Infrastruktur IKN Capai 84%, Pemindahan ASN Dimulai September

Pembangunan Infrastruktur IKN Capai 84%, Pemindahan ASN Dimulai September
author
Newswire , 
Anik Sulistyawati Minggu, 23 Juni 2024 - 08:36 WIB
share
SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi bersama rombongan berjalan mengecek lapangan yang akan digunakan untuk upacara 17 Agustus, di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024). (Biro Pers Setpres/Rusman)

Solopos.com, JAKARTA — Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) optimistis pemindahan perdana aparatur sipil negara (ASN) dari Jakarta ke IKN di Kalimantan Timur, bisa dimulai pada September 2024.

“Kami optimistis. Kami juga bersiap terhadap pemindahan awal September 2024 nanti di mana akan menyambut aparatur sipil negara di ibu kota baru ini,” kata Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN Nusantara Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (22/6/2024) seperti dilansir Antaranews.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menegaskan pembangunan IKN sudah berjalan sesuai target. Per Kamis (20/6/2024), progres pembangunan IKN sudah mencapai 84 persen.

Dia menyebutkan infrastruktur yang dibangun mencakup berbagai fasilitas penting seperti kompleks kantor pemerintahan dan perumahan, jaringan jalan, sistem air, listrik, telekomunikasi, serta terowongan multi-utility.

Koran Solopos

Selain itu, proyek investasi swasta non-APBN yang dibangun sebagai fasilitas penunjang juga akan selesai, mencakup pembangunan hotel, rumah sakit, sekolah, gudang, transportasi, dan lainnya.

“Kami yakin semua target dapat terselesaikan dan diharapkan semua target dapat terpenuhi,” ujar Thomas.

Sebelumnya, pada Kamis (20/6/2024) OIKN bersama Komisi VII DPR meninjau progres pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan dan mengevaluasi kesiapan pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Indonesia di Kawasan Nusantara.

Emagazine Solopos

Menurut Thomas, PLN telah membangun infrastruktur ketenagalistrikan di IKN dengan konsep green, smart and beautiful.

PLN Nusantara Power tengah menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 50 MW di IKN. Proyek ini berdiri di atas lahan seluas 80 hektare.

Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto mengatakan IKN adalah smart city dan green city yang memanfaatkan energi terbarukan.

Interaktif Solopos

“Ini bagian dari komitmen kita dalam konteks net zero emission. Sehingga IKN ini kita cek apakah betul membangun dengan konsep-konsep tersebut dilaksanakan,” kata Sugeng.

Sugeng mengatakan, progres pembangunan PLTS di IKN sudah berjalan sebesar 10 MW dari total target 50 MW.

Komisi VII DPR juga menyoroti TKDN dalam pembangunan IKN. Sebab, total APBN yang dikeluarkan untuk pembangunan infrastruktur per 2024 sudah mencapai kurang lebih Rp37 triliun.



“Kita menyaksikan langsung di lapangan memang telah terjadi bagaimana membangun IKN secara masif 24 jam terus dikerjakan,” ujar Sugeng.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni mengatakan, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dilakukan percepatan tanpa merugikan masyarakat.

“Kami siapkan langkah agar pembangunan tetap berjalan dan masyarakat tidak dirugikan,” ujar Raja di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (13/6/2024).

Langkah tersebut disiapkan agar pembangunan IKN bisa berjalan dengan cepat dan tepat waktu, lanjut dia, dan tetap menghargai hak rakyat sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

Menurut dia, OIKN bakal menyelesaikan proses pembangunan ibu kota negara baru dengan baik. Pembangunan dipercepat secara bersamaan masyarakat diberlakukan secara baik dan adil sesuai arahan kepala negara, tambahnya.

“Langkah yang kami siapkan, salah satunya penanganan dampak sosial kemasyarakatan (PDSK) plus,” jelasnya.

Proses PDSK plus saat ini dalam tahapan menetapkan subjek dan objek yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara yang sebagian wilayah masuk kawasan IKN.

Setelah penetapan subjek dan objek rampung, menurut dia, tim terpadu yang terdiri dari pemerintah provinsi dan kabupaten, OIKN, serta Badan Pertanahan Nasional (BPN) melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Fasilitasi Ekspor UMKM Lewat Platform Digital, BNI Sabet SBBI Awards 2024

Fasilitasi Ekspor UMKM Lewat Platform Digital, BNI Sabet SBBI Awards 2024
author
Anik Sulistyawati Minggu, 23 Juni 2024 - 08:07 WIB
share
SOLOPOS.COM - BNI berhasil memenangkan Brand Prestisius Solo Best Brand & Innovation (SBBI) Awards 2024 dalam kategori Layanan Perbankan untuk UMKM Go Global XPora.(Tim Solopos.com)

Solopos.com, SOLO—Bank Negara Indonesia (BNI) mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk melakukan ekspor. BNI memberikan fasilitas ekspor kepada UMKM melalui Program BNI Xpora yang berbasis digital.

Pimpinan Area BNI Kantor Wilayah 17 Solo, Yogyakarta, dan Jateng Selatan, Yusmedi Reza mengatakan pihaknya juga melakukan edukasi kepada para pelaku UMKM untuk melek digital dalam bentuk pelatihan agar bisa melakukan ekspor ke pasar luar negeri.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pelatihan tersebut dinilai penting lantaran banyak para pelaku UMKM yang ingin melakukan ekspor namun tidak mengetahui caranya. Selain itu perlu juga menciptakan ekosistem yang berorientasi pada ekspor.

Koran Solopos

“Para pelaku UMKM bisa melakukan akses ke website kami dan bisa me-matchingkan produk-produk mereka ke cabang kami yang ada di luar negeri Hong Kong, Jepang, Amerika, sampai Singapura,”ujar Yusmedi Reza.

Selain itu pihaknya juga memanfaatkan platform sosial media untuk melakukan branding dan membantu pelaku UMKM mempromosikan produknya. Dia mengatakan pemanfaatan sosial media juga penting agar tidak tertinggal

“Mudah-mudahan dengan layanan Xpora ini bisa lebih meningkatkan UMKM yang sesuai dengan tagline kami yakni Go Digital, Go Produktif, dan Go Global,” kata dia.

Emagazine Solopos

Atas apa yang dilakukan itu, BNI berhasil memenangkan Brand Prestisius Solo Best Brand & Innovation (SBBI) Awards 2024 dalam kategori Layanan Perbankan untuk UMKM Go Global XPora. Menurutnya penghargaan itu merupakan apresiasi tertinggi untuk BNI.

“Menurut saya impormasi metode riset digital yang dilakukan SBBI ini bagus, karena sesuai dengan kemajuan teknologi kita harus melek digital, dan kita saat BNI memang mengarah ke sana,” kata dia.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Djarum Manfaatkan Medsos untuk Meningkatkan Brand Awareness Pasar

Djarum Manfaatkan Medsos untuk Meningkatkan Brand Awareness Pasar
author
Anik Sulistyawati Minggu, 23 Juni 2024 - 07:05 WIB
share
SOLOPOS.COM - Djarum Super memenangkan penghargaan Merek Terbaik kategori Rokok Kretek Filter dalam ajang SBBI Award 2024 di Hotel Alila Solo, Kamis (20/6/2024).(Tim Solopos.com)

Solopos.com, SOLO—Riset berbasis digital mulai dilakukan di sejumlah lini usaha untuk memetakan posisi brand di dunia maya. Terlebih mayoritas masyarakat kini menggunakan platform digital.

Branch Promotion Coordinator PT Djarum Kota Solo, Yuke Arfiyahya tidak menepis fakta itu. Menurutnya di tengah perkembangan zaman yang sangat pesat, dia menilai riset berbasis digital menjadi penting untuk memudahkan untuk mengetahui kebutuhan pasar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dia mengatakan Djarum juga memanfaatkan platform digital seperti media sosial untuk masing-masing merek yang dimiliki. Medsos bagi Djarum diperuntukan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Sosial media ini juga bisa memberikan kepada kami citra positif terhadap brand atau Djarum secara umum,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com di sela-sela acara Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Awards 2024 di Hotel Alila Solo, Kamis (20/6/2024).

Koran Solopos

Melalui platform digital seperti pemanfaatan medsos, pihaknya ingin meningkatkan engagement dan awareness konsumen terhadap brand. Salah satunya dengan mengelola sentimen di dunia maya.

Atas apa yang dilakukan, salah satu produk dari perusahaan milik Hartono bersaudara itu, yakni Djarum Super memenangkan penghargaan Merek Terbaik kategori Rokok Kretek Filter dalam ajang SBBI Award 2024 di Hotel Alila Solo.

Penghargaan yang diraih itu merupakan bagian apresiasi bagi kami. SBBI Award ini buat patokan ke depannya, bahwa merek ini diterima di Solo. Ini sekaligus menjadi penyemangat kami untuk menawarkan produk ke masyarakat Soloraya,” kata dia

Emagazine Solopos

SBBI Award 2024 tahun ini terdapat 83 kategori penghargaan yang diberikan kepada brand di Solo dan sekitarnya. Sebanyak 83 penghargaan tersebut terdiri dari 68 kategori Best Brand dan 15 kategori Prestigious Brand.  

Pemenang dari masing-masing kategori didasarkan pada hasil riset, di mana tahun ini SBBI Awards menggunakan metode riset baru yang berbasis digital.  Riset yang dilakukan pada SBBI Award menggunakan konsep brand equity atau kekuatan merek yang diukur menggunakan beberapa variabel, seperti brand awareness, market share, satisfaction, usage, brand loyalty, dan perceived quality.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories