SOLOPOS.COM - Puluhan siswa dari salah satu SMP di Klaten menampilkan formasi mereka saat digelar lomba PBB di Alun-alun Klaten, Minggu (8/10/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Ratusan pelajar dari 33 sekolah tingkat SMP dan MTs di Klaten mengikuti lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Alun-alun Klaten, Minggu (8/10/2023).

Kegiatan itu digelar Kodim 0723/Klaten dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI dan HUT ke-73 Kodam IV/Diponegoro. Kegiatan itu menyedot animo pelajar dari berbagai sekolah di Klaten.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Tak hanya peserta, penonton berdatangan untuk menyaksikan lomba itu. Meski berlangsung di tengah cuaca panas dan terik matahari, peserta tetap antusias menampilkan kekompakan dan kreativitas formasi masing-masing.

Mereka dinilai para juri yang berasal dari Kodim Klaten, Dodiklatpor Rindam IV/Diponegoro, Polres Klaten, serta Disbudporapar Klaten. Komandan Kodim (Dandim) 0723/Klaten, Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo, mengatakan antusiasme peserta di luar ekspektasi Kodim Klaten.

Hal itu menyusul tingginya animo sekolah mengikuti kegiatan tersebut. Dandim mengatakan lomba Pasukan Baris Berbaris untuk pelajar sebelumnya pernah digelar Kodim Klaten. Namun, hampir 10 tahun terakhir lomba tersebut vakum digelar dan kembali diadakan tahun ini.

Dandim berharap kegiatan itu bisa digelar rutin setiap tahun. “Melihat antusias yang sangat tinggi pada penyelenggaraan ini, tahun depan mudah-mudahan kami bisa menyelenggarakan lagi setelah sekian tahun tidak diselenggarakan,” kata Dandim saat ditemui Solopos.com di sela kegiatan.

Dia menjelaskan lomba itu memiliki banyak nilai pendidikan karakter. Kegiatan itu menjadi ajang silaturahmi antarsekolah serta antarsiswa terutama tingkat SMP/MTs dengan berbagai kegiatan positif. Ajang itu menumbuhkan rasa nasionalisme.

Selain itu, PBB mengajarkan nilai kedisiplinan, kerja sama, hingga kepemimpinan. “Selama dua pekan mereka berlatih harapannya bisa menumbuhkan karakter generasi muda yang terlatih dari kedisiplinan, semangat kerja sama, serta kepemimpinan,” kata Dandim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya