Penataan Kawasan PKL Kota Barat Solo Dimulai, Siap Tampung 48 PKL

Petugas Disdag Solo dibantu Linmas Kelurahan Kerten membongkar bangunan ilegal di Jl. Klengkeng, Kerten, Laweyan, Solo, Senin (8/10 - 2018). (Solopos/Irawan Sapto Adhi)
16 Februari 2019 12:30 WIB Septina Arifiani Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Penataan kawasan Pedagang Kaki Lima (PKL) di sebelah selatan Lapangan Kota Barat telah dimulai. Selain menjadi kawasan PKL pada malam hari, kawasan itu akan menjadi lokasi parkir dan drop zone sekolah pada siang hari.

Kepala Bidang PKL Dinas Perdagangan Kota Siki, Didik Anggono kepada Solopos.com, Jumat (15/2/2019), mengatakan pengerjaan kawasan selatan Lapangan Kota Barat akan selesai dalam waktu 60 hari. Menurutnya penataan itu sebagai upaya menjaga lalu lintas kawasan Flyover Manahan supaya tidak terjadi kepadatan.

“Kawasan PKL itu akan dilakukan peninggian sekitar 15 sentimer dan seluruhya akan dipaving. Akan berfungsi ganda kawasan itu. Pada siang hari sekitar 50 mobil dapat parkir ditambah drop zone untuk sekolah di sekitar lapangan Kota Barat,” ujarnya.

Ia menambahkan penataan kawasan yang menelan Rp1,1 miliar dari APBD itu tidak dilengkapi shelter seperti ikon wisata kuliner malam Galabo. Menurutnya, fungsi ganda tidak digunakan oleh PKL saja namun juga bermanfaat untuk parkir pada siang hari. Ia menambahkan fungsi lapangan parkir untuk menampung kegiatan di lapangan.

Menurutnya, kawasan PKL Kota Barat akan dilengkapi dengan dua saluran drainase. Saluran air akan mengarah ke barat yang sebelumnya Dinas Pekerjan Umum dan Penataan Ruang Kota Solo telah merevitalisasi saluran drainase. Sehingga aliran air akan berjalan lebih optimal untuk 48 PKL itu.

Ketua PKL Kawasan Kota Barat, Budiyono, mengapresiasi langkah Pemkot Solo yang memfasilitasi PKL. Ia meminta penataan kawasan kuliner Kota Barat juga dilengkapi fasilitas yang memadahi seperti toilet. Dikarenakan saat musim liburan para wisatawan yang berkunjung akan berada di lokasi dalam waktu yang lama.

Saat ini PKL berjualan di sebelah barat jalan sedangkan PKL yang sebelumnya berada di timur jalan bergeser di kawasan Kantor Dinas Pemadam Kota Barat.