SOLOPOS.COM - Cepogo Cheese Park (CCP) berlokasi Desa Genting, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali menjadi salh satu tempat wisata rekomendasi libur Lebaran 2024. (Istimewa/Cepogo Cheese Park)

Solopos.com, BOYOLALI — Libur Lebaran dimanfaatkan perantau untuk mudik atau pulang kampung.

Selama libur Lebaran, tidak ada salahnya untuk menjelajah potensi pariwisata di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Bagi pemudik yang ingin berwisata bersama keluarga, berikut rekomendasi tempat wisata di Boyolali dan harga tiketnya selama libur Lebaran 2024.

Cepogo Cheese Park

Cepogo Cheese Park (CCP) berlokasi Desa Genting, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Wisata ini dibuka pada akhir 2022.

Wisata ini selain menawarkan wisata ala-ala peternakan juga menawarkan panorama sejuk wisata ketinggian, pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, serta city view. Terbaru, terdapat wisata ribuan kincir angin warna-warni bernama De Windmills.

Sales Marketing Cepogo Cheese Park, Putri Tri Wahyuni, mengungkapkan selama libur Lebaran, CCP akan buka seperti biasa.

“Selama libur Lebaran kami hanya menjual tiket combo Rp45.000 + Rp10.000 untuk deposit. Deposit sebagai jaminan kartu tiket yang nanti dapat diambil kembali waktu selesai berwisata atau dikembalikan,” jelasnya kepada Solopos.com, Senin (8/4/2024).

Jam operasional selama libur Lebaran di Cepogo Cheese Park pada 10 April 2024 untuk CCP Shop buka mulai pukul 09.00 WIB–19.00 WIB.

Untuk CCP Resto buka pukul 10.00 WIB–18.00 WIB dengan last order pukul 17.30 WIB. Lalu, CCP Wisata buka pukul 09.00 WIB – 17.30 WIB.

Kemudian tanggal 6-9 April dan 11-21 April untuk CCP Shop buka mulai pukul 08.00 WIB–19.00 WIB.

Untuk CCP Resto buka pukul 09.00 WIB–18.00 WIB dengan last order pukul 17.30 WIB.

Selanjutnya CCP Wisata buka pukul 09.00 WIB – 17.30 WIB.

Embung Manajar

Wisata selanjutnya yaitu Embung Manajar yang masih di Samiran, Selo, Boyolali. Bagi para pemudik yang ingin merasakan trayek menantang bisa mengunjungi Embung Manajar.

Jalan menuju ke Embung Manajar naik, berkelok, dan kecil sehingga sangat sulit dilewati dengan mobil biasa. Dengan sepeda motor pun jalur ini sangat menantang.

Pilihan berjalan kaki sambil naik sekitar 1 km bisa menjadi pilihan yang bagus sambil menghabiskan libur Lebaran bersama keluarga.

Setelah melewati jalan menantang, pengunjung bakal disuguhi pemandangan Merapi yang sangat instagramable dan bisa menjadi oleh-oleh untuk dipamerkan ke teman-teman di perantauan.

Pengelola wisata Embung Manajar, Hasyim, mengungkapkan harga tiket selama Lebaran sama seperti hari biasa yaitu Rp5.000/orang dan untuk camping Rp15.000/malam.

“Di tempat kami biasanya ramai H+2, untuk harga tiket tidak ada kenaikan,” kata dia.

Bukit Sanjaya

Tempat wisata selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan bagi perantau yang ingin menghabiskan libur Lebaran adalah Bukit Sanjaya. Lokasinya berada di Desa Samiran, Selo, Boyolali.

Terletak di kaki Gunung Merbabu, Bukit Sanjaya menawarkan spot foto instagramable berlatar belakang Gunung Merapi.

Pemilik Bukit Sanjaya, Trijoko, mengungkapkan selama libur Lebaran ini Bukit Sanjaya tetap buka seperti biasa.

“Harga tiket tetap tidak ada kenaikan. Buka mulai dari pukul 06.00 WIB–18.00 WIB,” ujar dia.

Harga tiket masuk Bukit Sanjaya juga normal yaitu Rp10.000/orang.

Bukit ini memiliki beberapa tingkatan, tingkatan paling bawah adalah lahan parkir, tingkatan kedua ada restoran, tingkatan selanjutnya adalah spot wisata Bukit Sanjaya.

Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) juga bisa menjadi tempat wisata pilihan para pemudik.

Lokasinya berada di dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Boyolali. Indrokilo juga dinobatkan sebagai kebun raya terbaik di Indonesia pada 2023.

Untuk berkunjung ke sana, pengunjung bisa berkendara dari dari Kompleks Pemkab menuju ke timur dan selama sekitar tujuh menit sampai di KRIB yang berada di wilayah Desa Butuh, Kecamatan Mojosongo.

Berdasarkan akun Instagram resmi milik KRIB @indrokilo.botanicalgarden hanya tutup pada 10-11 April, sedangkan pada 8, 9, 12, 13, 14, dan 15 April buka seperti biasa.

Harga tiket tetap Rp5.500 per orang dan pemesanan menggunakan aplikasi Si Boy.

Wisata Edukasi Religi Boyolali Qolbu

Wisata terbaru yang bisa dinikmati pemudik yaitu Wisata Edukasi Religi Boyolali Qolbu yang berada di bekas lahan Pasar Hewan Sunggingan Boyolali.

Wisata edukasi religi ini menawarkan miniatur Makkah yang bisa menjadi tempat instagramable bagi pemudik.

Tempat wisata ini bakal tutup pada 10-11 April dan mulai buka pada 12 April 2024 pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB.

Tiket untuk anak-anak atau pelajar Rp10.000 per orang dan dewasa Rp20.000 per orang.



Bale Rantjah

Bila ingin menikmati sensasi bermain pantai di Boyolali, para pemudik bisa berkunjung ke Bale Rantjah yang berada di Desa Gombang, Kecamatan Sawit.

Lokasinya dekat dengan Exit Tol Colomadu dan Gerbang Tol Banyudono.

Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan hewan-hewan peliharaan seperti kelinci dan domba sehingga menambah pengalaman.

Pemilik Bale Rantjah, Meva Riani, menjelaskan harga pada saat normal Rp20.000 per orang.

“Saat Lebaran ini on the spot Rp25.000 per orang, presale Rp20.000 per orang. Untuk tiket pre-sale bisa di-booking H-1, berlaku di bulan yang sama, dan pembayaran ditransfer. Bisa WA ke admin di 081359749788 / 082227222999,” kata dia.

Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu (LGM) di Simo, Boyolali juga bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan libur Lebaran 2024.

Admin wisata Lembah Gunung Madu, Dwi Margarina, mengungkapkan LGM hanya akan libur sehari pada Lebaran hari pertama.

“Buka mulai pukul 08.30 WIB–17.00 WIB. Harga tiket tetap Rp7.000/orang,” kata dia.

Beberapa wahana LGM yang bisa dinikmati pengunjung antara lain flying fox, sepeda gantung, kolam buatan, kubah putih, dan pilar putih.



Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo

Untuk kawasan Boyolali utara, ada satu tempat wisata yaitu Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo, Kemusu, yang justru banyak dikunjungi dari daerah lain seperti Sragen, Demak, Pati, Kudus, dan daerah lain.

Di Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo, pengunjung bisa menikmati berbagai pilihan ikan hasil Waduk Kedung Ombo.

Ada juga sensasi makan di atas perahu apung yang akan menawarkan pengalaman tersendiri.

Ada juga wahana permainan anak-anak, mobil ATV mini, dan berkeliling waduk dengan perahu yang dapat dinikmati pengunjung.

Pengelola Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo, Pujiyanto, mengungkapkan bakal ada perbedaan harga tiket saat Lebaran. Tiket pada hari biasa Rp10.000–Rp15.000 per orang.

“Tiket selama Lebaran Rp20.000 per orang, untuk parkir sepeda motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000. Untuk pengunjung wisata kebanyakan dari daerah yang baru saja banjir, jadi kami tidak menargetkan banyak,” ujar dia.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya