SOLOPOS.COM - Kapospam Rest Area 487 A Boyolali, Iptu Suparmi, berjaga di rest area tol Boyolali tersebut, Minggu (7/4/2024). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Jumlah kendaraan yang mampir di Rest Area 487 tol Boyolali naik hingga lima kali lipat saat arus mudik Lebaran 2024 ini dibandingkan hari biasa.

Pejabat Humas PT Trans Marga Jateng, Dian Saputra, menyampaikan pada hari biasa hanya sekitar 1.000 kendaraan yang beristirahat di Rest Area 487 tol Boyolali dalam sehari.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Selama arus mudik ini, rata-rata yang beristirahat di rest area 487 ada sekitar 5.000 kendaraan per  hari,” kata dia kepada Solopos.com, Minggu (7/4/2024).

Ia menjelaskan puncak kepadatan arus mudik di rest area tol Boyolali itu terjadi pada Sabtu (6/4/2024). Namun, Dian mengatakan di Rest Area 487 Boyolali keramaian selalu terjadi saat jam salat dan berbuka puasa.

Dian menjelaskan berdasarkan data per Sabtu, tercatat ada 2.079 kendaraan yang keluar dan 1.236 kendaraan masuk via Gerbang Tol Boyolali.

Sebelumnya diberitakan, Kapospam Rest Area 487 A Boyolali, Iptu Suparmi, menjelaskan kendaraan yang masuk ke rest area terjadi peningkatan sejak Jumat (5/4/2024). Puncak kepadatan terjadi pada Sabtu siang hingga Minggu (7/4/2024) dini hari pukul 02.00 WIB.

“Pada Minggu pagi berkurang. Akan tetapi, puncak kedua diprediksi terjadi pada Minggu sore dan malam karena ada yang baru berangkat dari Jakarta pada Minggu pagi,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com di Rest Area 487 A Bale Nglaras Boyolali, Minggu.

Ia menjelaskan ketika lahan parkir kendaraan di rest area penuh, pintu masuk akan ditutup. Pintu akan dibuka kembali ketika jumlah kendaraan tinggal 75% dari total kapasitas sebanyak 125 mobil.

Untuk memudahkan pengaturan, kepolisian menempatkan dua personel di pintu masuk, dua personel di pintu keluar, dan dua personel di bahu jalan depan rest area.

Penempatan personel itu untuk mencegah kendaraan parkir di depan dan pintu keluar rest area. Parmi menceritakan walaupun telah dipasang barrier, para pemudik tetap beristirahat di bahu jalan depan rest area. Sehingga, penempatan personel perlu dilakukan untuk mengarahkan kendaraan yang parkir di bahu jalan depan rest area.

“Kami imbau kepada pengendara yang ingin istirahat bisa keluar tol terdekat untuk beristirahat dan kembali ketika sudah bisa kembali,” kata dia. Parmi juga mengatakan kepolisian telah mengimbau melalui pengeras suara agar pengguna rest area beristirahat maksimal 30 menit lalu melanjutkan perjalanan.

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Boyolali, Ragil Pambudi, menyampaikan arus lalu lintas yang melintas di Boyolali ada kenaikan sekitar 5% dibanding hari biasa.

Pada Rabu (3/4/2024), volume kendaraan yang melintas di Boyolali sebanyak 51.966 kendaraan sedangkan pada Kamis (4/4/2024) ada 54.151 kendaraan yang melintas. “Data pada 5 April 2024, ada 56.959 kendaraan yang melintas di Boyolali,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya