SOLOPOS.COM - Warung makan Mbah Pine Sragen. (Tangkapan layar YouTube Dyodoran)

Solopos.com, SRAGEN-Ada sejumlah rekomendasi kuliner legendaris dan ngehits yang patut dicicipin saat menghabiskan libur Lebaran 2024 di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Apa sajakah? Simak ulasannya di tips kuliner berikut ini.

Setiap daerah memiliki keunikan kuliner masing-masing meski jenis makanannya mungkin sama. Bagi kamu yang tengah berwisata di Bumi Sukowati, ada sejumlah warung makan yang cocok untuk berwisata keplek ilat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (11/4/2024), berikut ini adalah rangkuman sejumlah kuliner legendaris di Kabupaten Sragen yang patut untuk dicicipi ketika berkunjung ke Bumi Sukowati:

1. Lesehan Mbah Pine

Warung lesehan sudah buka dari tahun 1993 dimana sekarang anak dari Mbah Pine lah yang melanjutkan usahanya. Menu yang khas disini adalah trancam dan sego tumpang. Nasi trancam di Lesehan Mbah Pine di banderol Rp5.000 per porsinya.

Selain nasi trancam, di warung ini juga ada menu lain, seperti ayam kampung, opor, gudangan, kepala ayam, ati ampela, paru, banyak menu lainnya, dan juga minuman. Semua yang dijual di warung ini fresh, nantinya pesanan akan dibakar terlebih dahulu.

Warung Lesehan Mbah Pine beralamat di Jl. Ahmad Yani, Kutorejo, Sragen Tengah, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen. Jam buka warung ini cukup singkat, yakni mulai dari pukul 18.00-21.00 WIB.

2. Bakso Bakar Marlon

Rekomendasi kuliner di Sragen berikutnya adalah bakso bakar marlon. Bakso merupakan salah satu makanan paling populer di Indonesia. Maka lazim hampir di setiap daerah terdapat pedagang bakso, mulai dari yang keliling hingga restoran besar. Di Sragen, ada warung bakso yang berbeda dengan bakso pada umumnya. Namanya Bakso Bakar Marlon.

Warung Bakso Bakar Marlon berlokasi di Dusun 2, Gemolong, Kecamatan Gemolong, tepatnya di seberang Edupark Gemolong. Warung bakso bakar ini di kelola sendiri oleh pemiliknya, Wulandari, sejak 2014. Sesuai namanya, bakso yang dijual Wulandari keringan alias tanpa kuah.

Bakso bakar kini menjadi jajanan yang hits dan menjamur di tiap daerah khususnya Gemolong. Harga bakso bakarnya sangat murah mulai dari Rp1.000 anda sudah bisa menikmati aneka bakarannya. Tak hanya bakso bakar, disini juga ada sosis, otak-otak, ceker, mie level dengan berbagai toping, jus buah, dan masih banyak menu lainnya.

Bakso Bakar Marlon ini menyajikan kelezatan yang nagih, tentunya menggunakan bumbu yang berbeda dengan warung bakso bakar kebanyakan. Dapat dibuktikan dengan ramainya pengunjung, sehingga pada bulan Ramadhan dan Lebaran warung ini membutuhkan bisa 3 hingga 4 karyawan. Warung ini buka setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 09.30-17.00 WIB.

3. Sate Kambing H. Widi

Sate Kambing H. Widi atau juga disebut Sate Kambing Ulam Sari merupakan salah satu kuliner legendaris di Sragen. Lokasinya berada di Magero, Sragen Tengah, Sragen dan buka mulai dari pukul 09.00-20.00 WIB.

Berbagai menu olahan kambing dijual di sini, seperti satai, tongseng, tengkleng, gulai, dan juga rica. Harga satai dan tongseng kambing dibandrol sebesar Rp27.500/porsi dan untuk menu lainnya sebesar Rp1.000-Rp25.000 per porsi.

Walaupun warung ini berada di pinggir sawah, namun peminatnya banyak sekali karena olahan kambingnya yang tidak berbau dan tidak alot.

4. Botok Mercon Mbah Wiro

Botok Mercon Mbah Wiro merupakan salah satu kuliner legendaris di Sragen. Pada umumnya, botok adalah makanan yang berisikan sayuran lamtoro, tempe, tahu, dan isian lainnya yang di masak dengan di bungkus daun pisang.

Berbeda dengan botok satu ini, Botok Mercon Mbah Wiro berisi daging ayam dan ikan patin. Botok ini disebut botok mercon karena olahan sambel berkuahnya yang sangat pedas.

Satu porsi botok ini di bandrol Rp10.000. Warung Botok  berlokasi di Jl. Gemolong-Sragen RT.03/RW.02, Nglombo, Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen ini sangat ramai. Kini Warung Botok Mercon MBA Wiro punya cabang di Colomadu tepatnya di Jalan Adi Sumarmo, Klodran, Colomadu, Karanganyar. Warung ini buka mulai dari pukul 08.00-18.00 WIB.

5. Soto Girin

Soto Girin merupakan salah satu kuliner khas Sragen. Bila kuah soto boyolali dan soto Solo cenderung bening,  kuah Soto Girin cenderung keruh atau kental karena bumbu yang melimpah. Soto ini terasa lebih autentik dan nikmat karena dimasak dalam kuali tanah liat dengan tungku kayu. Harga seporsi soto dalam mangkuk kecil sebesar Rp8.000 dan porsi besar harganya Rp12.000 per mangkok.

Warung makan ini berlokasi di Jl. Sukowati, Dusun Kebayanan Manggis, Sragen Wetan, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen. Buka setiap hari mulai pukul 04.00-20.00 WIB.

6. Jenang Pecing

Kuliner  di Sragen lainnya yang patut dicoba adalah Jenang Pecing yang berlokasi di Pecing, Sumengko, Sragen. Jam bukanya mulai pukul 11.00 WIB. Dikutip dari Instagram @sragenfoodhunter, Kamis (11/4/2024), penjual makanan ini mengaku sudah turun temurun dari simbahnya yang jualan sejak 1970-an. Sedangkan si penjual sudah mulai berjualan sejak 2005. Harga bubur adalah Rp3.500 per bungkus dan boleh dicampur. Sedangkan ragam buburnya antara lain jenang sumsum, jenang ketan, mutiara, dan grendul.

Selain aneka kuliner legendaris ini, masih ada pula sejumlah restoran kekinian di Sragen. Jika kamu penggemar kopi dan nongkrong cantik misalnya, ada banyak restoran estetik di Bumi Sukowati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya