SOLOPOS.COM - Relawan Ganjarist Sragen berbagi air bersih kepada warga di wilayah Kecamatan Mondokan, Sragen, Jumat (27/10/2023). (Istimewa/Giyono)

Solopos.com, SRAGEN — Relawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ganjarist Sragen mengirimkan bantuan delapan tangki air bersih ke Sragen wilayah utara Bengawan Solo, Jumat (27/10/2023). Hujan yang mengguyur wilayah Sragen belakangan belum mampu mengatasi kekurangan air bersih.

Ketua Panitia Pembagian Air Bersih Ganjarist Sragen, Giyono, kepada Solopos.com, Sabtu (28/10/2023), menyampaikan bantuan air bersih itu difokuskan di dua kecamatan, yakni Gesi dan Mondokan. Di Gesi, bantuan air bersih diberikan kepada warga Kampung Grengseng RT 004 dan 005. Kemudian untuk wilayah Kecamatan Mondokan, ujar dia, bantuan air bersih disalurkan ke dua desa, yakni Sumberejo dan Sono.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Di wilayah Sumberejo ada tiga RT, yakni RT 004A, 004B, dan RT 004c. Ada dua tangki yang dikirim ke tiga RT itu. Kemudian di Sono difokuskan di Dukuh Jurang RT 007 dan RT 010 . Kemudian di Jekani RT 019 ada satu tangki,” jelasnya.

Bantuan itu diberikan karena warga di lokasi-lokasi itu membutuhkan air bersih selama kemarau panjang. Dia menerangkan sumur-sumur di wilayah itu sudah tidak ada airnya sama sekali. Dia menyatakan atas dasar itu warganya betul-betul membutuhkan. Sebelumnya, Giyono mengatakan sudah ada survei terlebih dulu di sejumlah lokasi yang membutuhkan.

“Tidak ada air karena lama tidak ada hujan. Adanya hujan sekali tapi tidak membasahi tanah. Sungai saja tidak ada air maka kami dari relawan Ganjarist Sragen menggalang donasi untuk droping air bersih ke daerah tersebut. Terima kasih dan semoga jadi bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ujar Giyono yang juga Ketua Satuan Relaaan Kecamatan Karangmalang, Sragen. Dia mengatakan kegiatan sosial ini rencananya rutin diadakan.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen R. Triyono Putro, mengatakan krisis air bersih masih terjadi sembilan kecamatan, yakni di Sumberlawang, Mondokan, Tangen, Sukodono, Kalijambe, Jenar, Gesi, Miri, dan Tanon. Distribusi bantuan air bersih masih terus jalan setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya