SOLOPOS.COM - Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana melantik dan mengambil sumpah jabatan Bupati Karanganyar Rober Cristanto (kiri) dan Pj Bupati Cilacap pada Senin (20/11/2023), di Semarang. (Istimewa/ajudan Bupati Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR–Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana melantik Rober Christanto sebagai Bupati Karanganyar periode 2018-2023 di Grhadhika Bhakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jateng, Senin (20/11/2023).

Bupati Karanganyar Rober Christanto bakal menjadi bagian kepala daerah dengan jabatan tercepat di Indonesia. Tak genap sebulan, Rober menjadi Bupati Karanganyar definitif. Jabatan Rober akan berakhir pada 15 Desember 2023 atau hanya 26 hari sejak dilantik.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Rober menggantikan posisi jabatan Bupati sebelumnya, Juliyatmono, yang lengser sejak 4 November 2023. Jabatan Juliyatmono berakhir seiring ditetapkannya namanya masuk dalam daftar calon tetap (DCT) calon legislatif (caleg) DPR Partai Golkar dari daerah pemilihan (Dapil) IV Jawa Tengah (Sragen, Karanganyar dan Wonogiri).

Sejak itu, Rober yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati mengemban amanat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Karanganyar hingga surat keputusan (SK) penetapan sebagai bupati definitif turun. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati Karanganyar bersamaan dengan pelantikan Pj Bupati Cilacap.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dihadiri jajaran Forkopimda, pimpinan OPD, anggota DPRD, camat dan lurah. Selain itu juga tampak hadir mantan Bupati Karanganyar Juliyatmono dan istri Siti Komsyah. Hingga berita ini ditulis, proses pelantikan masih berlangsung.

Pj Gubernur menyampaikan serah terima jabatan merupakan hal biasa dan lumrah dilaksanakan suatu organisasi negeri dan swasta. Menurutnya, Bupati lama Karanganyar mengundurkan diri terkait mengikuti pemilihan anggota legislatif sehingga harus mundur.

“Saya ucapkan selamat untuk Rober dan terima kasih untuk Pak Juliyatmono. Selamat bekerja melanjutkan kepemimpinan,” katanya.

Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo yang hadir di Semarang mengatakan dasar hukum pelantikan Rober Christanto sebagai Bupati adalah melanjutkan masa jabatan Bupati Juliyatmono yang resminya berakhir pada 15 Desember 2023.

Namun karena Bupati Juliyatmono mengundurkan diri maju menjadi caleg DPR pada Pemilu 2024 sehingga Rober sebagai Wabup Karanganyar melanjutkan sisa masa jabatan Juliyatmono.

“Pak Rober dilantik sebagai Bupati sampai 15 Desember. Untuk selanjutnya setelah 15 Desember 2023 akan dilantik Pj Bupati Karanganyar,” kata dia.

Bagus Selo mengatakan DPRD Karanganyar mengusulkan tiga nama kandidat sebagai Pj Bupati, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Timotius Suryadi, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Karanganyar Kurniadi Maulato dan Kepala Disperindag Martadi. Ketiga nama itu sudah diajukan dan diseleksi berdampingan dengan calon dari Gubernur dan calon dari Mendagri yang juga masing-masing mengajukan tiga nama.

Sedangkan masa jabatan Pj Bupati Karanganyar akan berakhir sampai selesai Pilkada pada November 2024.

Wakil Ketua DPRD Karanganyar Tony Hatmoko mengatakan dengan pelantikan Rober Christanto tersebut secara definitif Karanganyar memiliki Bupati alias bukan hanya Plt.

“Pengajuan Bupati ini sudah lama dan akhirnya hari ini terlaksana,” katanya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Karanganyar Darwanto berharap semoga disisa waktu jabatan yang cukup singkat sampai Desember 2023 mampu menjaga iklim kondusifitas dan kebersamaan dengan semua unsur pemerintahan.

Selain itu, Darwanto berharap Rober Christanto bersinergi dengan stakeholder yang ada guna mengawal pembangunan dan menjadikan Karanganyar maju dan mantap serta menuntaskan visi-misi Bupati-Wakil Bupati yang sudah dicanangkan.

“Selamat atas dilantiknya Mas Rober Christanto menjadi Bupati Karanganyar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya