SOLOPOS.COM - Suasana salat Idulfitri di Masjid Agung Baiturrahmah, Sukoharjo, Rabu (10/4/2024). Bupati Sukoharjo dan jajarannya melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Agung Baiturrahmah bersama ribuan jemaah lainnya. (Solopos.com/Ahmad Kurnia Sidik).

Solopos.com, SUKOHARJO – Ribuan warga Sukoharjo melaksanakan salat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo, Rabu (10/4/2024).

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani turut melaksanakan salat Idulfitri di sana. Selain itu, tampak juga hadir Ketua DPRP Sukoharjo, Wawan Pribadi, Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit, Dandim Sukoharjo, Letkol Czi. Slamet Riyadi, dan beberapa pejabat Sukoharjo lainnya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Berdasarkan pantauan Solopos.com, sekitar pukul 05.45 WIB, Etik dan jajarannya itu sampai di Masjid Agung Baiturrahmah. Kemudian bergabung dengan jemaah lainnya di dalam masjid.

Salat Idulfitri dimulai pukul 06.15 WIB dan yang berlaku sebagai imam ialam imam Masjid Agung Baiturrahmah, Abu Bakar Al-Hafidz. Sementara yang bertindak sebagai khatib ialah pengajar UIN Raden Mas Said, Solo, Sidik.

Kepada jemaah salat Idulfitri, Sidik mengajak untuk banyak bersyukur karena Allah menciptkan Ramadan yang di dalamnya ada lailatul qadar. Sidik juga berharap semoga amal ibadah selama Ramadan para jemaah salat Idulfitri Masjid Agung Baiturrahmah secara khusus dan umat Islam secara umum diterima Tuhan dan menghapus dosa-dosa.

Sidik juga mengajak jemaah untuk berefleksi atas arti puasa Ramadan yang menurutnya menjadi wadah belajar menahan nafsu serta memperbaiki diri.

“Orang yang berlebaran adalah yang imannya meningkat, bukan yang sekadar mengenakan baju baru,” kata Sidik dalam khutbah salat Idulfitri di Masjid Agung Baiturrahmah, Rabu (10/4/2024) pagi.

Selain itu, Sidik juga mengajak jemaah untuk menjadikan momen Lebaran sebagai momen untuk saling memaafkan. Amal ibadah, lanjut dia, tidak menentukan kehidupan damai setelah kematian selama ibadah itu tidak diimbangi dengan berbuat baik dengan sesamanya.

“Pada prinsipnya Idulfitri mengajak kita untuk kembali ke fitrah sebagai manusia, yaitu saling membutuhkan bantuan sesama. Jangan sia-siakan hubungan di antara kita, jangan memperpanjang masalah, kita tidak tahu kapan membutuhkan bantuan sesama,” imbuh Sidik.

Suasana salat Idulfitri di Masjid Agung Baiturrahmah, Sukoharjo, Rabu (10/4/2024). Bupati Sukoharjo dan jajarannya melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Agung Baiturrahmah bersama ribuan jemaah lainnya. (Solopos.com/Ahmad Kurnia Sidik).

Sementara itu, selesai salat Idulfitri sekitar pukul 07.00 WIB, tampak Etik menyapa warga Sukoharjo yang menunggunya di pintu keluar masjid.

Kepada Solopos.com, Etik menyampaikan akan menggelar open house di rumah dinas Bupati Sukoharjo yang rencanya dimulai pukul 08.00 WIB.

Open house-nya sehari saja ya. Besok khusus untuk keluarga,” kata Etik saat ditemui Solopos.com di Masjid Agung Baiturrahmah, Rabu (10/4/2024).

Sekretaris Takmir Masjid Agung Baiturrahmah, Ngatiman menyampaikan bahwa jumlah jemaah yang turut salat Idulfitri di Masjid Agung Baiturrahmah pagi itu sekitar 2000 jemaah.

“Aula utama ini penuh, begitu pun di luar pelataran masjid juga penuh. Jumlah jemaah pagi ini sekitar 2000-an orang,” kata Ngatiman saat ditemui Solopos.com di lokasi, Rabu (10/4/2024).

Ngatiman menambahkan bahwa Bupati Sukoharjo beserta jajarannya kerap mengikuti salat Idulfitri di Masjid Agung Baiturrahmah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya