SOLOPOS.COM - Rinto Subekti (Solopos.com/Indah SW)

Solopos.com, KARANGANYAR — Komite Disiplin (Komdis) Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Tengah merekomendasikan Rinto Subekti sebagai calon satu-satunya Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) Karanganyar.

Hal ini diputuskan selepas Komdis Asprov merampungkan pemeriksaan integritas bakal calon ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) Karanganyar. Dari dua kandidat masing-masing Boby Aditia Putra dan Rinto Subekti, Komdis hanya memberi rekomendasi kepada Rinto Subekti.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua Komdis Asprov PSSI Jawa Tengah. Ismu Puruhito mengatakan hasil pemeriksaan integritas telah diserahkan kepada Komite Pemilihan Askab PSSI Karanganyar untuk ditindaklanjuti dalam Penetapan Kandidat Tetap Ketua Askab PSSI Karanganyar pada tanggal 16 Juni 2024 kemarin.

“Kandidat Boby Aditia Putra tidak bisa memenuhi jadwal pemeriksaan integritas yang dijadwalkan pada Jumat 14 Juni 2024 dan yang bersangkutan minta dijadwal ulang tanggal 14 Juni 2024 pukul 19.00 malam atau Sabtu 15 Juni 2024, Komite Disiplin tidak bisa memenuhi jadwal ulang yang diminta,” jelasnya kepada Espos, Senin (17/6/2024).

Sementara kandidat atas nama Rinto Subekti dijadwalkan pada Jumat 14 Juni 2024 pukul 14.00 WIB. Rinto Subekti langsung bersedia mengkuti pemeriksaan integritas, meski yang bersangkutan tengah berada di luar negeri. Pemerikaaan tersebut dilakukan secara daring. Lebih lanjut dia mengatakan ada beberapa faktor yang membuat nama Boby Aditia Putra tidak lolos dalam tes integritas.

Yang pertama Komite Pemilihan (KP) Askab PSSI Karanganyar telah menetapkan Tahapan Pemilihan yakni Pengembalian Berkas Formulir Pendaftaran pada 8-11 Mei 2024. Sedangkan setelah tanggal tersebut, bakal calon tidak diperkenankan menambah berkas pendaftaran. Di tahapan itu, kandidat Boby Aditia Putra telah mencantumkan pengalaman mengelola sepak bola di bawah naungan PSSI sebagai Manager PS Bulls Warrior.

“Klub itu terdaftar sebagai anggota Askab PSSI Karanganyar sejak tahun 2022, sehingga belum memenuhi kriteria pengalaman mengelola sepak bola sesuai Statuta PSSI Jawa Tengah yakni 5 (lima) tahun,” katanya.

Kemudian, dia mengatakan kandidat Boby Aditia Putra menambah berkas pengalaman sebagai pengurus Klub Onoini FC. Namun penambahan berkas pendaftaran tersebut telah melewati batas waktu jadwal pengembalian berkas formulir pendaftaran, sehingga tidak dapat diterima. Sementara Rinto Subekti memenuhi kelengkapan pendaftaran dengan lengkap dan sesuai jadwal tahapan yang dikeluarkan Komite Pemilihan Askab PSSI Karanganyar.

“Dalam verifikasi faktual yang dilakukan Komite Disiplin Asprov PSSI Jawa Tengah, berkas pendaftaran yang diberikan Kandidat Rinto Subekti dinyatakan benar dan sesuai kriteria dalam Statuta Asprov PSSI Jawa Tengah dan Kode Disiplin PSSI,” jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan integritas kandidat ketua Askab PSSI Karanganyar tersebut, dia mengatakan Komdis PSSI Jateng memutuskan hanya calon atas nama Rinto Subekti, memenuhi kriteria integritas yang ditetapkan Komite Disiplin Asprov PSSI Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya