SOLOPOS.COM - Anggota PPS membantu menurunkan kotak suara berisi lembar surat suara untuk disimpan sementara waktu di ruangan kompleks kantor Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Minggu (11/2/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri memastikan logistik Pemilu 2024 untuk wilayah Kecamatan Bulukerto aman meski truk pengangkutnya sempat mengalami kecelakaan dan terguling di ruas jalan Purwantoro-Ponorogo, Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri, Rabu (7/2/2024) lalu.

Di sisi lain, KPU juga telah menyelesaikan pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke seluruh atau 25 kecamatan pada Minggu (11/2/2024). Surat suara bakal tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehari sebelum pelaksanaan pencoblosan, Rabu (14/2/2024).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha, mengatakan distribusi logistik pemilu dari tempat pengepakan dan penyortiran di kompleks GOR Giri Mandala ke masing-masing kecamatan yang berlangsung sejak Selasa (6/2/2024) sudah selesai pada Minggu sore.

Selanjutnya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Wonogiri akan mendistribusikan logistik Pemilu ke masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa pada Senin (12/2/2024). PPS kemudian membagikan logistik Pemilu ke masing-masing TPS pada H-1 pemungutan suara.

“Khusus Kecamatan Wonogiri, hari ini logistik pemilu langsung didistribusikan ke PPS karena dekat dan waktunya memungkinkan,” kata Satya saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Menurut Satya, pendistribusian surat suara itu menggunakan truk yang disediakan PT Pos Indonesia sebagai kurir. Meski sempat ada insiden truk pengangkut logistik pemilu terguling di Purwantoro pada Rabu (7/2/2024), dia memastikan semua surat suara bisa terdistribusi dengan aman tanpa kerusakan.

Dia menyampaikan dalam setiap pendistribusian logistik pemilu, aparat penegak hukum dan Bawaslu selalu mengawal. Hal itu demi keamanan surat suara.

Pengawasan Bawaslu

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wonogiri, Antonius Joko Wuryanto, menerangkan Bawaslu melalui Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) terus mengawal dan mengawasi pendistribusian logistik Pemilu.

Mereka akan memastikan jumlah kotak suara sudah sesuai dengan kebutuhan. Pengawalan kotak suara juga akan dilakukan Pengawas Kelurahan/Desa sampai dibagikan di TPS.

Menurutnya, Bawaslu Wonogiri akan mencatat setiap logistik Pemilu 2024 yang dibutuhkan di setiap TPS. Dia berharap KPU tidak keliru dalam menyortir surat suara sehingga tidak terjadi surat suara tertukar dengan TPS atau bahkan daerah pemilihan (dapil) lain.

“Setiap logistik didistribusikan kami catat, jumlahnya sudah sesuai atau belum, apakah ada yang kurang, dan sebagainya. Ini untuk memastikan logistik sudah sesuai kebutuhan,” kata Joko.

Seperti diberitakan sebelumnya, truk pengangkut logistik Pemilu 2024 terguling di ruas jalan Purwantoro-Ponorogo, Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Rabu (7/2/2024). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Logistik pemilu juga berhasil diselamatkan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Satya Graha, mengatakan truk pengangkut logistik Pemilu 2024 berupa surat suara itu terguling sekitar pukul 11.00 WIB. Truk tergelincir di jalan menanjak di Desa Joho saat mengantarkan surat suara menuju Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri yang masuk dalam daerah pemilihan (dapil) III Wonogiri.

Satya menyebutkan ada tiga armada truk yang mengantarkan logistik Pemilu 2024 ke Bulukerto dari GOR Giri Mandala, Wonogiri. Satu truk yang terguling itu merupakan truk pertama yang berangkat sekitar pukul 10.00 WIB. Meski tergelincir, Satya memastikan semua logistik Pemilu 2024 dalam keadaan aman dan terselamatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya