SOLOPOS.COM - Truk pengangkut logistik Pemilu 2024 terguling di ruas jalan Purwantoro-Ponorogo, Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Rabu (7/2/2024). (Istimewa/Humas Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Truk pengangkut logistik Pemilu 2024 terguling di ruas jalan Purwantoro-Ponorogo, Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Rabu (7/2/2024). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Logistik pemilu juga berhasil diselamatkan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Satya Graha, mengatakan truk pengangkut logistik Pemilu 2024 berupa surat suara itu terguling sekitar pukul 11.00 WIB. Truk tergelincir di jalan menanjak di Desa Joho saat mengantarkan surat suara menuju Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri yang masuk dalam daerah pemilihan (dapil) III Wonogiri.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Satya menyebutkan ada tiga armada truk yang mengantarkan logistik Pemilu 2024 ke Bulukerto dari GOR Giri Mandala, Wonogiri. Satu truk yang terguling itu merupakan truk pertama yang berangkat sekitar pukul 10.00 WIB. Meski tergelincir, Satya memastikan semua logistik Pemilu 2024 dalam keadaan aman dan terselamatkan.

”Logistik pemilu di truk yang terguling itu sudah diamankan. Tidak ada yang rusak. Logistik sudah sampai di Kecamatan Bulukerto pada pukul 14.00 WIB tadi,” kata Satya saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Dia melanjutkan, logistik yang terguling itu kemudian dipindahkan ke truk pengangkut lain yang disediakan PT Pos Indonesia sebagai kurir. Saat memindahkan logistik, segel di truk pengangkut dibuka yang disaksikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan kepolisian. Proses evakuasi berjalan cepat karena semua pihak terlibat cukup sigap untuk menangani kejadian tersebut.

”Proses pengiriman logistik itu dikawal TNI-Polri dan Bawaslu sejak awal pemberangkatan sampai tempat tujuan. Sudah ada SOP ketika ada kejadian tidak terduga seperti itu, jadi peristiwa tadi bisa ditangani secara cepat dan lancar,” ujar dia.

Kepala Seksi Humas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo, mengatakan truk pengangkut logistik Pemilu itu tergelincir kemudian terguling karena jalan licin akibat hujan. Truk sudah berhasil dievakuasi sekitar pukul 13.00 WIB.

Sementara itu, logistik Pemilu dipindahkan dan diangkut menggunakan truk lain dan sudah sampai ke tempat tujuan sebelum sore.

Menurut dia, kejadian itu sempat membuat arus lalu lintas di ruas jalan Purwantoro-Ponorogo tersendat. Tetapi Satlantas Polres Wonogiri berhasil mengurainya setelah truk terguling itu digeser ke pinggir jalan.

“Tadi sudah ditangani. Logistik aman. Sudah sampai di tempat tujuan tadi. Pengiriman logsiitk kami kawal sejak awal pengiriman pada Selasa [6/2/2024] sampai Minggu [11/2/2024],” kata Anom.

Sebagai informasi, pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Wonogiri dilakukan secara bertahap. Distribusi awal dilakukan ke dapil III dan IV selama dua hari, Selasa-Rabu (6-7/2/2024). Selanjutnya distribusi di dapil V pada Kamis-Jumat (8-9/2/2024). Dilanjutkan distribusi ke dapil II pada Sabtu-Minggu (10-11/2/2024) dan terakhir dapil I pada Selasa (13/2/2024). Dapil yang dinilai jaraknya paling jauh dengan medan jalan yang sulit lebih awal menerima logistik Pemilu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya