SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat penyerahan secara secara simbolis bantuan berupa peralatan warung kepada para pelaku UMKM di Solo, Sabtu (16/12/2023) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Puluhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Solo mendapat bantuan peralatan usaha dari pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD, SAMBA Semarang Bicycle Association, Sabtu (16/12/2023). Bantuan diserahkan di Pendapa Pucangsawit, Jebres, Solo.

Hadir dalam acara itu, Ketua DPC PDIP Solo yang juga Penasihat Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Pranowo-Mahfud MD Solo, FX Hadi Rudyatmo. Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Rudy itu mengatakan baru sekitar 85 pelaku UMKM yang diberi bantuan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Tapi ke depan, para pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jl. Ir Djuanda, Pucangsawit dan Taman Sunan Jogo Kali (TSJK) akan mendapat bantuan yang sama. Bahkan bantuan siap diberikan kepada pelaku UMKM di berbagai daerah.

“Dimulai dari Solo, siap diterapkan di berbagai daerah di Indonesia. Teman saya tadi siap membantu,” ujar dia. Bantuan yang diberikan berupa peralatan masak, peralatan makan, hingga kaos. Peralatan itu harus dipakai.

Tujuannya agar pembeli atau konsumen menyantap hidangan yang sudah ditempeli gambar atau stiker Ganjar-Mahfud. “Alat tidak boleh disimpan saja, harus dipakai untuk masak, menghidangkan, bila rusak nanti diganti lagi,” urai dia.

Rudy mengakui program Warung Ganjar ini merupakan salah satu strategi mendulang suara untuk Ganjar-Mahfud. Pelaku UMKM yang mendapat bantuan peralatan diharapkan mengajak putra-putrinya mencoblos Ganjar-Mahfud.

“Pertama itu. Kedua, para pedagang tetap eksis dengan sarpras yang diberikan. Ketiga, menjamin kelangsungan hidup bapak ibu ini dengan KTP sakti. Nanti dengan satu kartu ini semua data otomatis terkoneksi dengan NIK,” terang dia.

Rudy menjelaskan bantuan yang diberikan berasal dari sukarelawan Ganjar-Mahfud yang selalu peduli dengan UMKM. Diharapkan bantuan yang diberikan membuat mereka tetap menjalankan usaha demi menghidupi keluarga.

“Juga yang disampaikan Ganjar saat debat capres, yang diperhatikan utama adalah perempuan, lansia, disabilitas dan afirmasi lansia. Bila semua dilakukan menggunakan afirmasi, sila ke 5 Pancasila bisa dirasakan bangsa ini,” kata dia.

Salah seorang pelaku UMKM asal Serengan, Solo, Koko Setiko, mengaku sangat senang mendapat bantuan peralatan usaha. Menurut dia pelaku UMKM memang membutuhkan perhatian dan bantuan untuk bisa berkembang.

Dia mengaku mendukung Ganjar-Mahfud dengan alasan Ganjar telah membuktikan diri sebagai Gubernur Jateng dan mewujudkan kesejahteraan rakyat. Sedangkan Mahfud seorang pendekar hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya