SOLOPOS.COM - Peserta lomba dari TPA Al Ikhlas, TPA Sahman, dan TPA Nurul Imam Malik memasuki babak final lomba cerdas cermat Ramadan TPA se-Kadipiro di Pendopo Kelurahan Kadipiro, Banjarsari, Solo Minggu (24/3/2024) pagi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO– Forum Silahturahmi Pengajian Anak Kadipiro menggelar acara lomba cerdas cermat bagi anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) se-Kelurahan Kadipiro di Pendopo Kelurahan Kadipiro, Banjarsari, Solo, Minggu (24/3/2024) pagi. Lomba ini sifatnya gratis dan diikuti oleh 27 anak dari 9 TPA yang berasal dari kampung-kampung di Kadipiro.

Lomba cerdas-cermat dengan tema Ramadan Mulia Penuh Ceria ini bertujuan untuk mengasah ilmu pengetahuan yang dipunyai santri-santri TPA. Sekaligus, memperkuat silaturahmi antaranak-anak TPA se-Kadipiro pada bulan Ramadan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua Forum Silahturahmi Pengajian Anak Kadipiro, Lutfi, 23, menjelaskan lomba cerdas-cermat ini merupakan salah satu agenda forum yang dipimpinnya selama bulan Ramadan. .

“Selain itu, sebelumnya kami juga punya agenda bagi takjil gratis sebanyak 250 buah untuk warga Kadipiro pada Jumat (22/3/2024) sore,” ungkap Lutfi kepada Solopos.com. 

Lutfi mengungkapkan lomba lomba cerdas cermat ini terbagi menjadi dua babak. Yakni, babak penyisihan yang diikuti 9 TPA dan babak final yang diikuti oleh 3 TPA dengan skor babak penyisihan tertinggi.

Pada babak penyisihan, TPA Tahfidz Al-Ikhlas berhasil memperoleh nilai tertinggi dengan skor 96. Kemudian diikuti TPA Nurul Imam Malik dan TPA Sahman dengan skor sama kuat 92.

Memasuki babak final, suasa lomba semakin seru dan menegangkan. Dua puluhan penonton yang kebanyakan orang tua santri TPA dan dua puluhan panitia juga tampak antusias memberikan dukungan bagi anak-anak TPA yang tampak sedikit tegang.

Pada babak final para peserta harus menghadapi tiga sesi, yakni soal wajib, soal lemparan dan soal rebutan. Dalam sesi tersebut berlangsung cukup ketat, TPA Al Ikhlas, Sahman, dan Nurul Imam Malik saling berkejar-kejaran skor.

Akhirnya, TPA Al-Ikhlas dari Kampung Tegalsari berhasil menyabet juara pertama dengan perolehan 1.600 poin. Kemudian juara kedua diraih TPA Sahman dengan 1.400 poin dan juara ketiga ditempati TPA Nurul Imam Malik dengan 650 poin.

“Para pemenang akan kami beri piala, sertifikat, dan uang pembinaan,” terang Lutfi.

Sebagai informasi Forum Silahturahmi Pengajian Anak Kadipiro sudah berdiri sejak tahun 2011 dan masih eksis hingga sekarang. Saat ini total anggotanya ada 40-an orang yang berasal dari remaja-remaja masjid sekitaran Kelurahan Kadipiro.

Selain bagi takjil, forum ini juga punya beberapa agenda rutin lainnya. Seperti pengajian bersama, lomba cerdas-cermat anak-anak Kadipiro, buka bersama, takbiran keliling, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya