SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara dalam pemilihan umum. (freepik.com)

Solopos.com, BOYOLALI – Dua tempat pemungutan suara atau TPS di Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali, harus menggelar pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2024. Hal itu sesuai rekomendasi yang muncul pada tahapan rekapitulasi di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Rencananya, PSU di dua TPS tersebut dilangsungkan pada Jumat (23/2/2024). Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Boyolali, Widodo, menyampaikan dua TPS yang harus menggelar PSU yakni ada TPS 006 dan 007 Desa Kadireso, Kecamatan Teras bakal melaksanakan PSU.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kronologinya, saat rekap kecamatan ternyata ditemukan ada pemilih dari luar daerah dan memilih di situ. Setelah diklarifikasi pengawas TPS ternyata betul, satu-satunya jalan kan harus PSU,” kata Widodo kepada Solopos.com, Rabu (21/2/2024).

Ia menjelaskan di TPS 006 Kadireso, Teras, Boyolali, harus menggelar pemungutan suara ulang terdapat satu orang yang bukan domisili di lokasi tersebut dan tidak mengurus pindah memilih akan tetapi dilayani mencoblos. Sedangkan di  TPS 007 Kadireso kasus serupa ada lima orang. “Ini sudah fix PSU, bukan potensi lagi. Dijadwalkan besok Jumat [23/2/2024],” kata dia.

Lebih lanjut, Widodo menjelaskan selain dua TPS tersebut belum ada laporan lagi terkait TPS yang harus menggelar PSU. Ditanya terkait potensi adanya TPS lain yang harus menggelar PSU menyusul belum selesainya tahapan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, Widodo tidak mau berandai-andai.

“Saya tidak mau berandai-andai, tapi semoga saja tidak ada,” kata dia. Sementara itu, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Boyolali, Wakhid Thoyib, membenarkan informasi dua TPS di Kadireso akan menyelenggarakan PSU pada Jumat.

Untuk TPS 006 Kadireso, Teras, Boyolali, akan menyelenggarakan pemungutan suara ulang untuk pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan DPD RI. Lalu, untuk TPS 007 akan memilih Presiden-Wakil Presiden, DPD, dan DPR RI. “Logistik sudah siap, Kamis [22/2/2024] kami drop ke TPS yang melaksanakan PSU,” kata dia.

Sebelumnya, sudah ada empat TPS di Boyolali yang melaksanakan PSU pada Minggu (18/2/2024). Pertama, TPS 007 Mojolegi, Teras, yang menggelar PSU untuk pemilihan presiden-wakil presiden serta DPR RI.

Kedua, TPS 016 Karanggeneng, Kecamatan Boyolali, PSU untuk memilih presiden-wakil presiden dan DPD. Ketiga, TPS 002 Kedunglengkong, Kecamatan Simo, PSU untuk memilih presiden-wakil presiden.

Terakhir, TPS 013 Urutsewu, Kecamatan Ampel, yang juga menggelar PSU untuk memilih presiden-wakil presiden dan anggota DPD. Total ada 942 pemilih di empat TPS itu yang harus mengikuti pencoblosan ulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya