SOLOPOS.COM - Anakan buaya yang ditemukan di saluran irigasi wilayah Desa Kalikebo, Kecamatan Trucuk, Selasa (31/10/2023) malam. (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN — Seekor anakan buaya ditemukan di saluran irigasi wilayah Desa Kalikebo, Kecamatan Trucuk, Selasa (31/10/2023) malam. Buaya sepanjang 50 sentimeter itu rencananya diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Kapolsek Trucuk, AKP Suharto, menjelaskan buaya itu ditemukan oleh seorang warga sekitar pukul 21.00 WIB. Lokasi penemuan pada saluran irigasi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Itu ditemukan warga yang biasanya mencari ikan. Sebelumnya sudah kelihatan. Kemudian baru tadi malam itu ditangkap mengggunakan jaring,” kata AKP Suharto saat dihubungi Solopos.com, Rabu (1/11/2023).

Temuan buaya itu kemudian disampaikan ke Bhabinkamtibmas. Polsek menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten untuk evakuasi serta koordinasi dengan BKSDA.

“Untuk asal usulnya dari mana kami juga belum tahu. Hari ini tadi juga dilakukan penyisiran di saluran tersebut tetapi tidak ditemukan buaya lainnya,” ungkap dia.

Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, mengatakan jenis buaya yang ditemukan merupakan buaya muara yang memiliki nama latin Crocodylus porosus. Panjang anakan buaya itu sekitar 50 sentimeter.

“Sebelumnya ada warga yang melihat buaya di saluran irigasi. Kemudian warga tersebut berusaha menangkap dengan jaring tetapi tidak berhasil. Kemudian pada hari berikutnya, warga tersebut bersama warga lainnya menyisir kembali di lokasi dan buaya terlihat. Buaya kemudian ditangkap dengan jaring dan disampaikan ke Bhabinkamtibmas,” kata Sumino.

Sumino juga menjelaskan Polsek Trucuk kemudian menghubungi ke Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten.

“Rencananya hari ini buaya kami serahkan ke BKSDA Surakarta karena buaya tersebut termasuk hewan yang dilindungi,” ungkap Sumino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya