SOLOPOS.COM - Kondisi ruas jalan kabupaten di Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, rusak parah, ambles, dan bergelombang. Foto diambil Jumat (8/12/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Jalan kabupaten dari arah Desa Gedaren, Kecamatan Jatinom, ke Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, kini kondisinya rusak parah. Kerusakan itu terjadi sebulan terakhir seiring banyaknya truk pengangkut material uruk tol Solo-Jogja yang melintas.

Jalan rusak terutama berada di sisi barat Manjungan. Jalan aspal itu ambles dan bergelombang. Talut sisi kiri dan kanan jalan ambruk. Kendaraan, terutama roda empat, yang berpapasan dengan truk uruk tol harus bergantian melintas.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Di sisi timur Manjungan, terdapat proyek pembangunan tol Solo-Jogja. Ruas tol yang bersimpangan dengan ruas jalan kabupaten itu sudah dibuatkan terowongan.

Jalan itu menjadi jalur alternatif dari arah Tempursari, Ngawen hingga Ceper yang mengarah ke Jatinom dan sebaliknya. Salah satu warga yang melintas, Tanto, mengatakan kerusakan jalan sudah terjadi sekitar sebulan ini.

Penyebabnya lantaran sebulan ini jalan tersebut dilintasi truk bermuatan material uruk yang mengarah ke proyek tol. “Sebelumnya kondisi jalan relatif mulus,” kata Tanto saat ditemui Solopos.com di dekat ruas jalan rusak, Jumat (8/12/2023).

Warga Desa Manjungan, Affan Fauzan Pahlawi, juga menjelaskan jalan rusak sudah sebulan ini seiring banyaknya truk pengangkut tanah uruk tol yang melintas. Saban hari, 50-80 truk melintas di jalan itu dari pagi hingga sore.

Affan mengatakan selama ini sopir truk berinisiatif menambal jalan yang ambles dengan mengurangi muatan. “Tetapi karena materialnya tanah, ketika kena air ambles. Ketika posisi kering debu berterbangan,” kata Affan.

Dia menjelaskan warga pernah menanyakan terkait kerusakan jalan itu ke balai desa agar segera diperbaiki. Dari pemerintah desa kemudian memberikan penjelasan ruas jalan itu merupakan jalan kabupaten. “Sehingga dari desa tidak memiliki kewenangan untuk memperbaiki,” jelas dia.

Warga berharap kerusakan jalan itu segera diperbaiki karena menjadi akses vital terutama bagi warga Desa Manjungan. Kondisi jalan rusak di wilayah Desa Manjungan itu sebelumnya diunggah di akun Instagram @jalananklaten pada 30 November 2023.

Unggahan itu direspons akun @dpuprklaten dengan menyatakan akan berkoordinasi dengan pengelola jalan tol. “Maturnuwun, Kak. Akan dikoordinasikan dgn Pengelola Jln Tol,” tulis akun @dpuprklaten di kolom komentar postingan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya