SOLOPOS.COM - Tim Basket putra SMPN 1 Karanganyar meraih juara II Liga Basket Karanganyar 2023. Foto dambil beberapa waktu lalu. (Istimewa/SMPN 1 Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR–Setelah sempat vakum sejak 2014, tim basket SMP Negeri 1 Karanganyar kembali menorehkan prestasi. Tim tersebut meraih juara II dalam Liga Basket Karanganyar 2023 yang digelar 10-18 November di Hall Bola Basket dan Futsal Karanganyar Fit Club.

Di laga final, tim basket SMPN 1 Karanganyar putra harus kalah dengan tim dari SMP Negeri 2 Karanganyar. Sementara tim basket putri dilibas oleh SMP Negeri 2 Jumantono.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pelatih Basket SMP Negeri 1 Karanganyar, Coach Utoro mengatakan tim basket sekolahnya vakum selama bertahun-tahun, tepatnya sejak 2014, kemudian mulai aktif lagi beberapa bulan terakhir.

Tim basket ini terus berlatih untuk menghadapi Liga Basket Karanganyar 2023, hingga akhirnya mampu melaju ke babak final. Tim basket putra bertemu dengan tim basket SMP Negeri 2 Karanganyar. Sementara tim basket putri bertemu dengan tim SMP Negeri 2 Jumantono.

“Tim basket putra dan putri berhasil menjadi juara runner up. Tim basket putra kalah dengan SMP 2 Karanganyar dan tim putri kalah sama tim SMP 2 Jumantono,” katanya kepada Solopos.com, Senin (20/11/2023).

Tim basket SMP Negeri 1 Karanganyar harus mengakui secara teknik dan kualitas pesaing diatas rata-rata. Tim basket juara 1 sudah terbentuk, sedangkan tim SMP Negeri 1 Karanganyar baru terbentuk tiga bulan terakhir. Sebelumnya tim tersebut vakum.

“Niat awal mengikuti ajang ini adalah untuk menambah pengalaman bertanding anak-anak, menambah motivasi dalam kompetisi, tapi ternyata secara mengejutkan keduanya bisa masuk partai puncak,” katanya.

Sebelumnya tim putra mengalahkan tim SMP IT Insan Kamil, Tim Al Azhar dan SMP 1 Jumantono sedangkan Tim Putri mengalahkan SMP Al Abidin, SMP 1 Matesih, SMP 1 Jumantono. Dia mengatakan prestasi yang diraih di luar ekpektasi karena bisa masuk ke partai puncak.

“Sebagai pelatih kami selalu menanamkan kepada anak-anak untuk terus fight siapapun lawannya. Jangan pernah merasa inferior di lapangan, tapi selalu yakin dan semangat untuk meraih hasil terbaik,” kata dia.

Tahun depan, dia memasang target juara I. Menurutnya masih ada waktu satu tahun untuk berbenah dan persiapan. Di sisi lain pihaknya berharap fasilitas di sekolah bisa makin disempurnakan.

Pembina Tim Basket SMP Negeri 1 Karanganyar, Intan Ayu Permatasari menyampaiakan ucapan terimakasih kepada coach Utoro dan juga kepada orang tua tim basket putra dan putri.

“Saya selaku pihak sekolah pembina bola basket mengucapkan banyak terima kasih atas perjuangan tim bola basket putra-putri bisa meraih juara yang hebat,” katanya.

Dia menilai perjuangan tim basket memenangkan juara sangat luar biasa. Menurutnya tanpa suatu proses latihan ini tidak mungkin menjadi hasil yang bagus, apalagi di waktu tiga bulan terakhir.

Sementara salah satu orang tua, Agung, mengatakan bahwa perjuangan anak-anak sangat luar biasa dengan persiapan seadanya dan sangat singkat bisa melaju ke final.

“Semoga tahun depan bisa lebih maksimal dengan waktu yang cukup untuk persiapan yang matang, maju terus SMP 1 Karanganyar,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya