SOLOPOS.COM - Petugas menutup akses ke tol fungsional Jogja-Solo di Klaten, Kamis (15/4/2024). (Solopos/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, KLATEN — Tol fungsional Jogja-Solo dengan pintu masuk dari arah Klaten menuju Gerbang Tol (GT) Colomadu dan GT Banyudono pada arus balik Lebaran 2024 resmi ditutup pada Senin (15/4/2014) sore.

Jumlah kendaraan yang melintas pada hari terakhir pembukaan tol fungsional itu cenderung menurun. Pantauan Solopos.com, tol fungsional Jogja-Solo ditutup pada Senin pukul 15.00 WIB. Jumlah kendaraan yang masuk baik dari GT Ngawen dan GT Karanganom di Kuncen, Ceper, berjalan lancar.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Personel Tim Urai di Gerbang Tol Ngawen, Aiptu Beni Santosa, mengatakan pada Senin, jumlah kendaraan yang masuk rata-rata 270 unit/jam. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan Sabtu-Minggu (13-14/4/2024) yang merupakan puncak arus balik Lebaran 2024.

“Jumlahnya turun jika dibandingkan Sabtu-Minggu, rata-rata untuk exit tol Ngawen pada puncak arus balik bisa mencapai 300 sampai 400 kendaraan per jam,” kata dia ketika ditemui Solopos.com di pos pantau tol fungsional Solo-Jogja, Senin.

Menurutnya, meski ramai, saat puncak arus balik kendaraan bisa melaju dengan lancar. Dia mengatakan tidak ada kemacetan yang parah hingga menyebabkan kendaraan harus berhenti.

“Ya ada antrean kendaraan tapi tetap bisa jalan di kecepatan 20-30 km/jam. Kendalanya mungkin karena sempat ada sekitar tiga kendaraan yang kehabisan bensin, tapi aman karena ada petugas yang mengantar,” kata dia.

Situasi di GT Karanganom, Kuncen, Ceper, juga tidak jauh berbeda. Pantauan Solopos.com, tidak banyak kendaraan yang masuk melalui pintu tol tersebut menjelang penutupan.

Kepala Pos Exit Tol Kuncen, Klaten, Iptu Sutopo Basuki, mengatakan puncak arus balik Lebaran 2024 melalui pintu tol tersebut terjadi Minggu (14/4/2024). Dia mengatakan total jumlah kendaraan yang masuk lewat GT itu pada Minggu mencapai 8.357 unit.

Sedangkan pada Senin (15/4/2024) jumlahnya mengalami penurunan menjadi 5.283 unit. “Itu pun yang masuk diperkirakan bukan pemudik yang ingin balik, tapi warga lokal yang memanfaatkan tol fungsional untuk liburan ke tempat tujuan masing-masing,” kata dia.

Dia mengatakan arus mudik dan arus balik di tol fungsional Solo-Jogja lancar dan tidak ada kendala berarti. Menurutnya, justru pembukaan tol fungsional tersebut berhasil mengurai kemacetan.

“Tol fungsional ini dioperasikan sejak tanggal 5 April 2024 dan ditutup hari ini [15 April 2024] dengan keadaan aman,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya