SOLOPOS.COM - Kapolres Klaten mengecek persiapan gerbang tol Ngawen, Klaten, yang direncanakan dibuka saat tol Solo-Jogja beroperasi fungsional pada Lebaran 2024, Kamis (29/2/2024). (Istimewa/Humas Polres Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Aparat Polres Klaten mengecek kesiapan dua gerbang tol Solo-Jogja di wilayah Klaten yang akan dibuka lagi secara fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2024. Pengecekan dilakukan Kamis (29/2/2024) di gerbang tol Ngawen dan Kuncen.

Pengecekan dilakukan Kapolres Klaten, AKBP Warsono, bersama sejumlah perwira Polres, diawali dari gerbang tol Ngawen yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Pengecekan kemudian berlanjut ke gerbang tol Kuncen, Kecamatan Ceper, yang sebelumnya digunakan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kapolres menjelaskan pengecekan itu untuk melihat kesiapan jalan tol Solo-Jogja yang akan dioperasikan secara fungsional pada Lebaran mendatang. “Hari ini kami mencoba mengecek kesiapan gerbang tol Ngawen sampai mana progresnya. Insyaallah akan digunakan untuk tol fungsional,” kata Kapolres, Kamis.

Kapolres menjelaskan pengecekan itu masih tahap awal. Sebelumnya, Satlantas Polres Klaten bersama Dirlantas Polda Jateng serta PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) juga sudah melakukan pengecekan awal.

“Jadi pengecekan ini masih tahap awal. Nanti kami melakukan simulasi juga dengan personel terutama Satlantas, supaya tahu cara bertindaknya saat ada kepadatan hingga rekayasa lalu lintas,” kata Kapolres.

Terkait pembangunan jalur tol sampai gerbang tol Ngawen, Kapolres mengatakan pengerjaan masih terus dilakukan. Pekerjaan itu terutama untuk menyiapkan ruas tol fungsional hingga pintu tol Ngawen.

“Dari pantauan kami, untuk jalur tol fungsional, pintu tol Ngawen masih sekitar 54 persen. Kemudian pintu tol [Kuncen] Ceper sudah 90 persen,” kata dia.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok, mengatakan kewenangan untuk memastikan kesiapan tol fungsional Solo-Jogja hingga ke wilayah Ngawen berada di Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Namun, rencana awal tol fungsional dioperasikan hingga gerbang tol Ngawen pada Lebaran mendatang.

“Soal kesiapannya, tentu kami tidak bisa menarget karena itu bisa dikeluarkan kesiapannya dari BPJT. Kalau misalnya memang nanti akan dikeluarkan di Ngawen atau Ceper, kami akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas. Karena tujuan Jogja pasti akan tumpah ke Klaten,” kata Kasatlantas.

Sebelumnya, tol Solo-Jogja dioperasikan secara fungsional pada Lebaran 2023 dari Kartasura hingga Kateguhan, Kecamatan Sawit, Boyolali. Tol Solo-Jogja kembali dioperasikan secara fungsional pada libur Nataru, akhir Desember 2023 sampai awal Januari 2024.

Ruas tol yang dibuka secara fungsional lebih panjang yakni hingga gerbang tol Kuncen, Ceper. Rencananya, tol Solo-Jogja dibuka secara fungsional pada Lebaran 2024 dengan jalur yang dibuka lebih panjang hingga di exit tol Ngawen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya