SOLOPOS.COM - Perkumpulan Warga Ageng Kartasura (Pawartos) membagikan sedekah kepada juru parkir, sukarelawan pengatur lalu lintas (supeltas), pengamen, dan penarik becak di halaman Mapolsek Kartasura, Sabtu (6/4/2024) sore hari.(Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Perkumpulan Warga Ageng Kartasura (Pawartos) membagikan sedekah Ramadan kepada juru parkir, sukarelawan pengatur lalu lintas (supeltas), pengamen, dan penarik becak. Aksi sosial ini merupakan kegiatan penutup program 10.000 berbagi yang digulirkan sejak awal Ramadan.

Kegiatan pembagian sedekah digelar di halaman Mapolsek Kartasura, Sabtu (6/4/2024) sore hari. Para penerima sedekah tampak berkumpul di sekitar Mapolsek Kartasura sejak pukul 15.30 WIB. Mereka masing-masing membawa voucher yang ditukarkan dengan amplop berisi uang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua Pawartos, Ruth Sahaya Sapujiati mengatakan jumlah penerima sedekah Ramadan sebanyak 120 orang. Mereka terdiri dari juru parkir, sukarelawan pengatur lalu lintas (supeltas), pengamen, dan penarik becak di wilayah Kartasura, Sukoharjo.

“Mereka membawa voucher yang ditukarkan dengan amplop berisi Rp50.000. Ini wujud berbagi kebahagiaan Pawartos terhadap jukir, penarik becak, pengamen maupun supeltas menjelang Lebaran,” kata dia.

Ipoet, sapaan akrabnya, mengatakan kegiatan pembagian sedekah itu bagian dari program 10.000 berbagi yang dilaksanakan mulai awal bulan puasa. Sebelumnya, Pawartos telah menggelar berbagai kegiatan selama Ramadan. Seperti bagi-bagi takjil di setiap desa/kelurahan di wilayah Kartasura.

Takjil berupa makanan itu merupakan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) asal Kartasura. “Produk UMKM asal Kartasura itu diborong dan dibagi-bagikan kepada masyarakat di setiap desa/kelurahan. Kami juga ingin mengangkat produk UMKM asal Kartasura,” ujar dia.

Lebih jauh, Ipoet menambahkan anggaran pelaksanaan kegiatan program 10.000 berbagi berasal dari sumbangan warga Kartasura dan para donatur selama sebulan. “Total uang yang terkumpul Rp12,5 juta. Kami mengucapkan terima kasih kepada warga Kartasura dan para donatur sehingga program 10.000 berbagi bisa berjalan dengan lancar.”

Sementara itu, Kapolsek Kartasura, AKP Tugiyo, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit mengapresiasi kegiatan pembagian sedekah kepada juru parkir, sukarelawan pengatur lalu lintas (supeltas), pengamen, dan penarik becak di wilayah Kartasura. Dia berharap aksi sosial yang dilaksanakan Pawartos bermanfaat bagi warga Kartasura saat Ramadan.

“Jangan dilihat nominalnya namun ketulusan sedekah untuk masyarakat tidak mampu. Apalagi ini bulan puasa yang menjadi momen untuk saling berbagi dan peduli terhadap sesama yang membutuhkan,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya