SOLOPOS.COM - Kampus I atau Utama Universitas Muhammadiyah Karanganyar menempati Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Karanganyar di Jl. Solo-Tawangmangu Km 12 Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) terus mengembangkan sayapnya dengan membuka program studi (Prodi) baru yakni Hukum Bisnis jenjang strata 1 (S1). Penerimaan mahasiswa baru untuk prodi tersebut akan dibuka di tahun ajaran 2024/2025 ini.

Rektor Umuka, Muh Syamsuri, mengatakan pembukaan prodi baru merupakan perluasan akses pendidikan yang diberikan untuk masyarakat. Apalagi selama ini Prodi Hukum Bisnis masih menjadi primadona.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Perkembangan bisnis kita sangat pesat sehingga diperlukan orang-orang dengan keahlian, khusunya menekuni hukum bisnis yang belum banyak ada di Perguruan Tinggi,” kata Syamsuri di selepas penyerahan SK Mendikbudristek Prodi Hukum Bisnis di Aula Umuka pada Jumat (12/1/2024). Penyerahan SK tersebut dilakukan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Bhimo Widyo Andoko.

Syamsuri mengatakan kelas perdana dimulai pada tahun ajaran baru 2024 ini. Umuka telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan program perkuliahan hukum bisnis tersebut. Beberapa pihak itu seperti Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar dan Kementerian Hukum Wilayah Jawa Tengah. Kerja sama dalam praktik mahasiswa, tenaga pengajar dari kalangan praktisi.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Bhimo Widyo Andoko, mengatakan penambahan prodi baru di Umuka memperkuat akademika perguruan tinggi di kawasan Soloraya. Menurutnya, ilmu hukum yang makin luas dan mudah diakses masyarakat bakal menambah literasi masyarakat.

“Prodi Hukum ini memberikan manfaat kepada masyarakat. Terutama dalam beretika hukum,” katanya.

Dia menyebut banyak universitas di Soloraya membuka Prodi Hukum. Namun masing-masing memiliki spesifikasi prodinya. Termasuk Umuka yang memiliki spesifikasi prodi hukum bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya