SOLOPOS.COM - PT BPR Bank Daerah Karanganyar (Perseroda) meraih Penghargaan Top Human Capital Awards 2023 dari majalah Top Business. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — PT BPR Bank Daerah Karanganyar (Perseroda) kembali meraih prestasi Penghargaan Top Human Capital Awards 2023 dari majalah Top Business. Penghargaan diserahkan Kamis (19/10/2023) di Jakarta kepada Direktur Umum & Kepatuhan Bank Daerah Karanganyar, Arianto Pramudjadi.

Direktur Utama Bank Daerah Karanganyar, Haryono, mengatakan Top Human Capital Awards 2023 ini merupakan hasil penilaian pendalaman oleh tim dewan juri dari beberapa lembaga seperti asosiasi human capital, konsultan human capital dan perwakilan perguruan tinggi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Bank Daerah Karanganyar terpilih karena telah menerapkan pengelolaan sistem human capital secara efektif dan berkelanjutan.

Saat penjurian, Haryono memaparkan bahwa Bank Daerah Karanganyar telah mengoptimalkan aset terpenting yang dimiliki yaitu human capital atau karyawan sebagai faktor penentu keberhasilan perusahaan untuk mencapai target bisnis yang dituangkan dalam rencana bisnis bank.

Untuk itu diperlukan  pengukuran terhadap investasi terhadap aset tersebut melalui indikator terhadap pendekatan proses dan hasil dari penerapan human capital management system.

Menurut Haryono, karyawan Bank Daerah Karanganyar telah mampu melaksanakan budaya kerja yang diharapkan dengan bekerja optimal tanpa diperintah, jujur dan disiplin tanpa diawasi, bertanggung jawab tanpa diminta.

Hal ini dibuktikan dengan kinerja pertumbuhan bisnis bank yang sangat baik dalam 4 tahun terakhir. Selalu melampaui semua target-target yang dituangkan dalam rencana bisnis bank. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian target  tahunan kurang dari 9 bulan. Target rencana bisnis bank akhir tahun telah terlampaui sebelum September.

Keberhasilan irama kerja ini karena pengelolaan karyawan di Bank Daerah Karanganyar dijalankan secara profesional, efektif dan terus dikembangkan secara berkualitas dengan menggunakan Key Performance Indicator (KPI) sebagai penilaian kinerja karyawan dalam pemberian reward bagi yang berprestasi. Reward berupa bonus insentif kerja dan diikutsertakan pelatihan certif direksi dalam rangka kaderisasi calon direktur BDK masa depan.

Sedangkan bagi karyawan yang melakukan pelanggaran ringan diberikan punishment dalam rangka pembinaan melalui coaching, counseling, dan mentoring oleh direktur utama.

Namun bagi karyawan yang melakukan pelanggaran berat pihaknya telah membentuk Komite Penanganan Pelanggaran (KPP) untuk berani bertindak tegas dengan memberikan SP3 atau mem-PHK karyawan. Hal ini membuktikan pengelolaan karyawan di BDK berjalan baik untuk memberikan jaminan keamanan bahwa karyawan Bank Daerah Karanganyar mampu memuaskan atas amanah yang diberikan manajemen dan dapat dipercaya oleh para nasabahnya ,dijamin aman dananya dengan pelayanan sepenuh hati.

“Harapan kami dengan penghargaan ini akan meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada PT.BPR Bank Daerah Karanganyar dalam menggunakan layanan perbankan. Apalagi banyak hadiah bagi penabung maupun peminjam akan mendapatkan kesempatan besar hadiahnya 2 mobil yaitu Mitsubishi expander warna hitam terbaru dan Mobil Honda brio warna merah serta ada 15 sepeda motor setiap tahunnya dan banyak hadiah lainnya (TV, sepeda listrik, sepeda gunung, kulkas, mesin cuci, kompor gas dll) dengan pajak pemenang ditanggung oleh Bank Daerah Karanganyar,” ujarnya dalam siaran resmi.

Sementara itu, program-program dijalankan dengan proses cepat dan tidak ribet dengan pinjaman mudah dan murah.

Untuk diketahui, Penghargaan Top Human Capital Awards 2023 merupakan penghargaan kali ke-6 pada 2023 ini. Sebelumnya bank tersebut juga meraih gelar BPR Bintang 5 versi Majalah Business, Top Pembina BUMD 2023, Top CEO BUMD 2023, Platinum Awards dari Majalah Infobank, dan TOP Good Risk Compliance (GRC) 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya