SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka secara simbolis meletakkan batu pertama pembangunan rumah bagi ASN di Plesungan, Gondangrejo Karanganyar pada Jumat (16/11/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYARPemkot Solo bekerja sama dengan PT Taspen (Persero) membangun rumah bagi aparatur sipil negara (ASN) di Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Pembangunan rumah bagi ASN ini merupakan pioner di Indonesia. Peletakan batu pertama dilakukan Dirut PT Taspen, A.N.S. Kosasih dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka didampingi Asisten II Setda Karanganyar, Titis Sri Jawoto pada Jumat (17/11/2023) pagi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Hadir diacara itu, Plt. Dirut Bank Jateng, Irianto Harko Saputro dan Plt. Dirut Taspen Property, Antonius Anung F. Nugroho.

A.N.S Kosasih mengatakan pembangunan rumah bagi ASN ini merupakan inisiatif pertama di Indonesia dari PT Taspen atau Dana Tabungan Asuransi Pegawai Negeri dengan Pemkot Solo. Pembangunan rumah ini menjadi bakti PT Taspen kepada ASN yang belum memiliki rumah.

Berdasarkan data yang diterimanya, dia mengatakan dari 8.000 ASN Pemkot Solo sekitar 30 persen belum memiliki rumah. Hadirnya perumahan tersebut bisa memberikan manfaat bagi para ASN di Kota Solo.

“Rumah ASN pertama di Indonesia ini bisa dicicil tanpa uang muka, bebas biaya notaris dan sertifikat tidak dijamin kan bank serta cicilan bisa 40 tahun,” kata dia di sela-sela peletakan batu pertama.

Dia mengatakan pembangunan rumah bagi ASN merupakan kolaborasi yang luar biasa dengan Pemkot Solo dan Pemkab Karanganyar selaku penyedia lahan. Para ASN yang belum memiliki rumah tak perlu khawatir lagi.

Dibangunkannya perumahan ASN ini bisa memberikan ketenangan bagi abdi negara dengan memiliki rumah yang layak huni. Mereka bahkan bisa mencicil angsuran rumah hingga usia 65 tahun.

“Rumah dibangun dengan akses yang dekat dengan tempat kerja. Sehingga cukup 25 menit sudah bisa sampai ke tempat kerja,” katanya.

Di tahap pertama ini, dia mengatakan rumah di angun sebanyak 174 unit tipe bervariasi dari 32 dengan luasan lahan 60 meter persegi.

Dia menargetkan pembangunan rumah bagi ASN ini bisa dikerjakan di seluruh Indonesia. Kota Solo menjadi pilot project bagi daerah lain di Indonesia.

“Bagi ASN yang membeli sekarang kita ada promo hadiah mobil dan sepeda motor. Jadi silahkan membeli,” katanya.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan sangat berterima kasih dengan PT Taspen yang membangunkan rumah bagi ASN. Pembangunan rumah ini dinilai akan memberikan dampak positif bagi ASN yang belum memiliki rumah.

“Kan masih banyak ASN kita belum punya rumah. Misalnya yang dari Klaten dan lainnya,” kata Gibran.

Gibran mengatakan pembangunan perumahan bagi ASN dibangun di wilayah luar [Karanganyar] karena keterbatasan lahan di Kota Solo. Pembangunan ini akan dilanjutkan di daerah-daerah lain.

Asisten II Setda Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengatakan pembangunan rumah bagi ASN Pemkot Solo di wilayah Plesungan, Kecamatan Gondangrejo sangat pas. Pasalnya, lokasi berada di daerah perbatasan dengan Kota Solo. Selain itu, sarana dan prasarana perumahan seperti listrik dan air yang memadai.

Perumahan tersebut berada tak jauh dari TPA Putri Cempo Mojosongo. Kemudian ada juga Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di sana. Untuk pemenuhan kebutuhan air juga terpenuhi yang kini tengah dibangun aliran dari Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

“Jadi fasilitas di sini komplet. Gondangrejo juga tanah leluhur Mas Wali. Mudah-mudahan dari Karanganyar dan Solo ini bisa untuk seluruh ASN di Indonesia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya