SOLOPOS.COM - Sejumlah wara lansia dan ODGJ melakukan pencoblosan di Griya PMI Solo didampingi relawan, Rabu (14/2/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Sejumlah warga lanjut usia (lansia) dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus 901 di Griya PMI Peduli, Jl. Sumbing Raya No.6, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Solo, Rabu (14/2/2024).

Ketua KPPS Khusus 901, Mujtahid mengatakan terdapat 87 Data Pemilih Tetap (DPT) dan 21 Data Pemilih Tambahan (DPTb).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Jadi pasien khusus ODGJ sama lansia telantar itu yang bisa jalan atau mandiri itu langsung ke tempat tujuan, tapi nanti untuk pencoblosan ada pendampingan dari relawan,” kata dia ketika ditemui wartawan, Rabu.

Dia mengatakan pemilih tetap mencoblos sendiri. Sedangkan pendamping hanya membantu membukakan kertas suara. Dia mengatakan relawan yang bertugas tidak terafiliasi dengan partai politik.

Sedangkan untuk pemilih yang tidak bisa jalan, petugas akan datang langsung dengan membawa plastik hitam, yang nantinya melakukan pencoblosan di tempat.

“Nanti didampingi oleh saksi dan ketua. Sementara saat ini saksi yang hadir ada dua, dan paswaslunya satu,” kata dia. Mujtahid mengatakan sejauh ini belum ada kendala berarti.

Salah satu pemilih di TPS 901, Asri Rahayu, berharap selepas Pemilu 2024 usai keadaan bisa tetap damai dan aman. “Tidak saling iri, sesudah Pemilu ya saling salaman lagi,” kata dia.

Dia juga berharap untuk siapa pun presiden terpilih bisa merealisasikan program kerja, visi, dan misi yang disampaikan selama masa kampanye. “Harus yang dikatakan di TV itu betulan dilaksanakan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya