SOLOPOS.COM - Jalan Sukoharjo-Wonogiri dekat Terminal Tipe A Giri Adipura, Selogiri, Wonogiri, sudah diaspal ulang untuk menyambut pemudik Lebaran, Senin (25/3/2024). (Solopos/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 13 ruas jalan yang menjadi jalur mudik para perantau di Wonogiri terus dikebut perbaikan dan pemeliharaannya. Harapannya ketika pemudik mulai berdatangan menjelang Lebaran, jalan tersebut sudah mulus.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Bambang Agus Rinanto, mengatakan ada 13 ruas jalan yang menjadi jalur mudik yang sudah mendapat pemeliharaan secara rutin.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pemeliharaan yang dilakukan kebanyakan berupa penambalan lubang jalan. DPU melakukan penanganan berupa pemeliharaan jalan secara rutin, terutama memperbaiki jalan rusak yang digunakan sebagai jalur mudik menjelang Lebaran.

Pemeliharaan jalan itu dilakukan agar pengguna jalan termasuk para pemudik yang menuju Wonogiri bisa melakukan perjalanan dengan nyaman. Selain itu, yang lebih penting adalah menjamin keselamatan dan meminimalkan potensi terjadinya kecelakaan.

“Pada tahap pertama untuk mendukung arus mudik, ini sebagian besar berupa penambalan lubang, sebagian kecil pekerjaan perbaikan bangunan pelengkap seperti gorong-gorong, talut jalan, dan drainase jalan,” kata dia kepada Solopos.com, Senin (25/3/2024).

Berdasarkan data DPU yang diterima Solopos.com, berikut 13 jalur yang sudah dilakukan pemeliharaan secara rutin:

  1. Ruas jalan Sidoharjo – Girimarto
  2. Ruas jalan Girimarto – Jatipurno
  3. Ruas jalan Girimarto – Jatirejo
  4. Ruas jalan Jatirejo – Latung
  5. Ruas jalan Slogohimo – Bulukerto
  6. Ruas jalan Bulukerto – Conto
  7. Ruas jalan Pracimantoro – Sambiroto
  8. Ruas Jalan Giribelah – Paranggupito
  9. Ruas Jalan Paranggupito -Sembukan
  10. Lingkar Kota Baturetno
  11. Jl. Brigjen Katamso
  12. Jl. Ahmad Yani
  13. Ruas Jalan Krisak – Ngricik

Sementara itu dari pantauan Solopos.com, Senin (25/3/2024), ruas jalan Wonogiri dari Terminal Tipe A Giri Adipura sampai Tugu Adipura di Pertigaan Klampisan sudah halus.

Jalur tersebut sudah diaspal ulang dan masih ada sejumlah alat berat yang digunakan untuk mengaspal terparkir di bahu jalan.

Bambang mengatakan jalur tersebut merupakan jalan provinsi dan pemeliharaan jalur tersebut sepenuhnya dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya