SOLOPOS.COM - Tim SAR gabungan mengevakuasi korban ayah dan anak yang ditemukan tertimbun longsoran tanah di Dukuh Secang RT 022, Desa Jetis, Sambirejo, Sragen, Senin (4/3/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Setelah pencarian empat jam pada Senin (4/3/2024) sejak pukul 06.30 WIB, akhirnya dua korban tanah longsor di Dukuh Secang RT 022, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Sragen, berhasil ditemukan pada pukul 10.34 WIB. Korban yang merupakan sepasang ayah dan anak itu ditemukan dalam kondisi dramastis.

Sang ayah ditemukan tengah melindungi putrinya. Mereka ditemukan di kamar mandi di kedalaman 3 meter dari permukaan tumpukan material tanah.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Proses pencarian itu dilakukan oleh 175 orang dari 250 personel yang terlibat. Pencarian dilakukan dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi ke material longsor. Sebagian lain menyingkirkan tanah dengan menggunakan cangkul. Warga sekitar menyaksikan mereka dari kejauhan karena sudah ada garis polisi agar warga tidak berkerumun.

“Dua korban yang ditemukan bernama Darmadi, 39, dan putrinya, Nasa, 6, kondisinya dramatis. Posisi Darmadi mencoba melindungi anaknya saat terjadi longsor. Lokasi mereka sesuai prediksi, yakni di kamar mandi. Posisi anak berada di bawah ayahnya. Kami berhasil mengevakuasi kedua korban di kedalaman tiga meter dari permukaan material longsor,” jelas Koordinator SAR dari Basarnas Surakarta, Tri Puji Sugiyarto, saat ditemui wartawan di lokasi kejadian.

Saat ditemukan kedua korban tertutup lemari. Tim harus membongkar lemari tersebut untuk menemukan korban Darmadi dan anaknya. Tim SAR sempat terkendala dengan kondisi medan yang sulit.

Kepala Pelaksana BPBD Sragen, R. Triyono Putro, mengatakan setelah korban ditemukan pihaknya berkoordinasi dengan kades dan camat untuk bekerja bakti membersihkan lokasi dan menormalisasi sungai yang tertutup longsoran.

“Kami berkoordinasi dengan DPU untuk menurunkan alat berat. Untuk dapur umum diserahkan ke masyarakat, termasuk cadangan logistik. Tadi ada bantuan dari Kecamatan Tanon juga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya