SOLOPOS.COM - Camat Grogol Herdis Kurnia Wijaya menyaksikan Penjabat Kepala Desa Cemani Mardiyanto, meneken surat pelantikan, Kamis (6/10/2023). (Istimewa/Pemerintah Kecamatan Grogol)

Solopos.com, SUKOHARJO — Tiga kepala desa di Kabupaten Sukoharjo mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kabupaten Sukoharjo (caleg) dalam pemilu 2024 mendatang. Satu dari tiga penjabat pengganti telah dilantik pada Kamis (5/10/2023), sementara dua lainnya tengah dalam proses.

Ketiganya yakni Sutoyo, Kades Jangglengan, Kecamatan Nguter; Didik Dwi Raharjo, Kades Ponowaren, Kecamatan Tawangsari; dan Hadi Indrianto, Kades Cemani, Kecamatan Grogol. Mereka sudah diberhentikan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, melalui SK pemberhentian yang diterima pada akhir September lalu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo, Sigit Nugroho, sudah mempersiapkan ketiga pengganti kades yang mundur.

Proses pergantian Kades sudah dilakukan pada pertengan September lalu sebelum SK Pemberhentian tiga kades itu terbit. Proses pengajuan pergantian kades lantas diproses DPMD untuk selanjutnya masing-masing kecamatan menjadwalkan pelantikan sesegera mungkin. Bupati Sukoharjo telah mendelegasikan pelantikan tersebut kepada camat di tiga wilayah tersebut.

“Pelantikan nya tidak ada penjadwalan khusus, dilakukan sesegera mungkin karena sudah ada penggantinya yang diusulkan. Proses pelantikan diatur di masing-masing kecamatan. Dari tiga desa baru satu yang sudah melaksanakan pelantikan, yaitu Desa Cemani. Sementara Ponowaren nanti malam, untuk Jangglengan belum ada informasi pelantikan. Tetapi segera,” kata Sigit kepada Solopos.com, Jumat (6/10/2023).

Berdasarkan ketentuan, masa jabatan kades kurang 1 Tahun akan di isi penjabat (Pj.) Kades sampai habisnya masa kerja. “Karena ada moratorium dari Kemendagri yang menyebut tidak ada Pilkades dan PAW dari November 2023 sampai Desember 2024. Jadi pilkades serentak baru bisa dilaksanakan pada 2024, tepatnya setelah pemilu nanti,” imbuh Sigit.

Sementara itu, Camat Grogol, Herdis Kurnia Wijaya, membenarkan sudah melantik penjabat Kades Cemani sekaligus melaksanakan serah terima jabatan pada Kamis (5/10/2023) malam. Pejabat Kades Cemani kini disandang oleh Mardiyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Pemerintahan Kecamatan Grogol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya