SOLOPOS.COM - Gudang Kapas PT Delta Merlin Sandang Tekstil di Pandeyan, Grogol, Sukoharjo Terbakar pada Jumat (6/10/2023) dini hari. (Istimewa/Damkar Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Gudang Kapas PT Delta Merlin Sandang Tekstil di Pandeyan, Grogol, Sukoharjo terbakar pada Jumat (6/10/2023) dini hari. Kebakaran tersebut mengakibatkan kerugian mencapai Rp50 juta rupiah. Hingga kini belum diketahui penyebab si jago merah melalap gudang tersebut.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo, Margono,  mendapat laporan kebakaran itu sekira pukul 01.33 WIB.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Pukul 01.15 WIB satpam PT Delta Merlin Sandang Tekstil mengetahui ada asap di area gudang kapas. Setelah dicek ternyata kapas terbakar, lalu satpam membuka gerbang gudang dan melakukan pemadaman awal. Kemudian melapor ke Pemadam Kebakaran Sukoharjo,” jelas Margono.

Kebakaran gudang yang berlokasi di selatan Gudang Beras Bulog Bulakrejo itu sempat mengancam kantin di sebelahnya. Beruntungnya api tak merembet dan tak menimbulkan korban jiwa.

Kebakaran tersebut melalap luas area sekitar 100 meter persegi dari luas total bangunan  sekira 1000 meter persegi. Estimasi kerugian mencapai Rp50 juta sementara total aset yang dapat diselamatkan  Rp400 juta.

Petugas sedikitnya mengguyur 14.000 liter air untuk memadamkan api.

Sebelumnya, kebakaran juga terjadi di rumah kerajinan rotan milik anggota DPRD Sukoharjo, Joko Nugroho, di Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo, Selasa (3/10/2023).

“Kejadian tersebut terjadi sekira pukul 09.50 WIB. Kebakaran diketahui berasal dari percikan api salah satu blower,” jelasnya.

Selain itu diduga ada juga korsleting yang menyebabkan munculnya percikan api. Beruntungnya saat kejadian ada karyawan yang tengah bekerja sehingga kebakaran menjadi lebih cepat diantisipasi.

Api sempat membesar namun tidak membakar bahan rotan di gudang tersebut. Akibat kejadian itu pemilik mengalami kerugian mencapai Rp10 juta.

Sementara itu dalam catatan Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo, hingga September ada sekitar 279 kejadian kebakaran di Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya