SOLOPOS.COM - Spot foto bunga sakura di objek wisata Telaga Kusuma Karanganyar. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardhani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pengunjung Agrowisata dan Waterpark Telaga Kusuma, Desa Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah membeludak pada musim liburan akhir tahun.

Selama libur sekolah dan Natal kemarin, terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan hingga 200% dibanding hari biasa. Diperkirakan jumlah kunjungan wisatawan akan semakin meningkat pada Minggu-Senin (31/12/2023-01/01/2024).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pengunjung datang secara bergelombang ke objek wisata yang baru dibuka pada 18 November 2022 lalu. Ada rombongan datang menggunakan kereta kelinci hingga kendaraan pribadi. Kendaraan-kendaraan ini memenuhi area parkir di sana.

Kepala Desa (Kades) Tunggulrejo, Parno Karyo Sumanto, mengatakan pengunjung mulai menyerbu Agrowisata dan Waterpark Telaga Kusuma sejak libur pertama sekolah hingga saat ini. Setiap hari jumlah pengunjung yang datang bisa mencapai 1.000 hingga 1.500 orang.

Jika dibandingkan dengan hari biasa, terjadi peningkatan kunjungan wisatawan hingga 200%. Para pengunjung yang datang ini berasal dari berbagai daerah di Soloraya sampai Pacitan, Magetan dan lainnya.

“Alhamdulillah ramai pengunjung sejak libur sekolah kemarin sampai sekarang. Kita perkirakan puncaknya Minggu-Senin besok karena Selasa sudah masuk sekolah,” katanya.

Di Agrowisata dan Waterpark Telaga Kusuma, Parno mengatakan pengunjung cukup membayar Rp20.000 per orang untuk berenang sepuasnya. Ada lima kolam renang baik untuk dewasa maupun anak-anak di lokasi tersebut.

Kolam renang dewasa dan anak-anak dipisahkan sehingga menjaga keamanan bagi pengunjung setempat. Selain kolam renang, pengunjung juga berswafoto di spot-spot yang instagramable.

“Ada spot foto baru di sini, bunga sakura dan taman wayang,” kata dia.

Parno mengatakan pengunjung bisa berswafoto dengan background bunga sakura untuk merasakan sensasi seperti sedang berada di Jepang. Kemudian di taman wayang, pengunjung bisa berswafoto dengan tokoh-tokoh pewayangan seperti Gatotkaca, Arjuna, Puntadewa dan lainnya.

Taman Wayang di objek wisata Telaga Kusuma Karanganyar. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardhani)

Parno pihak manajemen tengah membangun museum kesenian di sana sebagai objek wisata edukasi untuk menarik lebih banyak pengunjung.

“Di Telaga Kusuma kita juga sediakan camping ground, area outbound, wahana permainan anak dan lainnya. Jadi sangat lengkap di sini,” katanya.

Pengunjung asal Sukoharjo, Ita Rusiana, 33, bersama keluarga datang untuk mengisi libur sekolah yang tinggal menghitung hari lagi. Dia mengaku kagum dengan keindahan Agrowisata dan Waterpark Telaga Kusuma tersebut.

Selain asri dengan taman-taman bunga yang cantik, juga banyak spot foto yang instagramable. Sehingga dia merasa puas datang ke lokasi tersebut.

“Ternyata lokasinya luas, taman bunganya cantik, ada bunga sakura juga untuk spot foto sangat bagus. Masuknya juga murah dan terjangkau lah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya