SOLOPOS.COM - Alas Tunggangan di Desa Genengharjo, Tirtomoyo, Wonogiri terbakar pada Minggu-Senin (29-30/10/2023). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRIKebakaran hutan dan lahan melanda Alas Tunggangan di Desa Genengharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Minggu-Senin (29-30/10/2023). Api sulit dipadamkan karena lokasi kebakaran berada di tengah hutan dan jauh dari sumber air.

Kapolsek Tirtomoyo, Iptu Utami, mengatakan kebakaran di Alas Tunggangan itu terjadi mulai Minggu pukul 17.00 WIB. Luas lahan hutan yang terbakar diperkirakan lebih dari dua hektare.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Lokasi kebakaran berada di tengah hutan sehingga tidak sampai meluas ke permukiman warga. Kendati demikian, upaya pencegahan agar api tidak sampai ke permukiman tetap dilakukan dengan cara menyisir dan melokalisasi api.

Dia menyebut pemadaman dilakukan warga, relawan, dan aparat hukum setempat sejak Minggu malam hingga Senin dini hari. Pemadaman dilakukan secara manual atau hanya dengan memukul api menggunakan ranting dan dahan pohon.

Lokasi api berada jauh dari sumber air. Selain itu, medan lokasi kebakaran juga tidak mudah dijangkau.

“Kami tidak berani mendekat ke kobaran api yang besar. Jadi hanya menyisir api yang kecil-kecil biar tidak semakin meluas,” kata Iptu Utami saat dihubungi Solopos.com, Senin (30/10/2023).

Berdasarkan data yang dia himpun, lokasi kebakaran itu di wilayah hutan Perhutani petak 61B dan 61E. Petak hutan itu ditanami pohon jati dan pinus.

Api banyak membakar serasah dan rumput ilalang hutan. Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti.

Begitu pula nilai kerugian yang diakibatkan dari peristiwa itu belum dapat ditaksir. Saat ini masih dalam proses perhitungan.

Menurut Utami kebakaran di Alas Tunggangan itu belum padam total sampai Senin pagi.

“Sampai [Senin] pukul 05.00 WIB masih berasap. Ini masih dalam pemantauan,” ujar dia.

Camat Tirtomoyo, Suyatno, menyampaikan kebakaran di Gunung Tunggangan itu terjadi sore menjelang malam. Kondisi saat ini api sudah mulai padam dan bisa terkendali.

Forum komunikasi kecamatan Tirtomoyo sudah bergerak dan berkoordinasi untuk menangani hal tersebut secara bersama-sama. Menurutnya, kejadian kebakaran di Alas Tunggangan ini baru kali pertama terjadi setelah beberapa tahun terakhir ini. 

“Warga dan relawan bergerak cepat untuk memadamkan sejak kemarin malam hingga Senin pagi. Api tidak sampai ke permukiman, masih aman terkendali,” kata Suyatno. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya