SOLOPOS.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Haryono, meyerahkan hadiah utama sepeda motor kepada pemenang undian dalam acara jalan sehat peringatan Hari Sumpah Pemuda di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Minggu (19/10/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Tangis haru dan bahagia Mulan Nia Agustina, 17, pecah begitu menerima doorprize atau hadiah undian sepeda motor matik dalam kegiatan jalan sehat peringatan Sumpah Pemuda di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Minggu (29/10/2023).

Perempuan yang masih anak sekolah itu tak menyangka akhirnya keinginan untuk memiliki sepeda motor sendiri bisa tercapai tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Sudah sejak lama Mulan ingin punya kendaraan sepeda motor.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Di rumahnya sebenarnya  ada dua sepeda motor tetapi itu digunakan kedua orang tuanya sebagai sarana bekerja. Kedua sepeda motor itu pun bukan sepeda motor matik, melainkan manual keluaran tahun 2006. Ia kesulitan tiap kali mengendarai sepeda motor itu.

“Aku sejak dulu pengin sepeda motor matik. Tetapi belum kesampaian karena belum punya uang. Alhamdulillah hari ini dapat hadiah itu, senang sekali,” kata Mulan kepada Solopos.com sembari sesenggukan setelah menerima hadiah undian sepeda motor itu di Alun-Alun Wonogiri, Minggu.

Mulan berencana menggunakan sepeda motor Yamaha Mio keluaran terbaru hadiah doorprize dari acara jalan sehat di Alun-alun Giri Krida Bakti itu untuk berangkat dan pulang sekolah. Siswi SMAN 2 Wonogiri itu mengaku selama ini naik angkot untuk pulang-pergi sekolah. 

Dia menceritakan ketika berniat mengikuti jalan sehat yang diadakan Pemkab Wonogiri pada Minggu itu, ia sama sekali tidak menyangka bakal mendapatkan hadiah utama. Dia berangkat bersama ibu-ibu tetangga naik angkot dari rumah di Kelurahan Kaliancar, Selogiri, Wonogiri.

Hanya, pada saat perjalanan di angkot, ibu-ibu tetangganya berceloteh dia bakal mendapatkan sepeda motor dalam undian hadiah jalan sehat itu. 

Jalan Sejauh 5 Km

“Aku enggak menyangka sama sekali. Aku sudah sering ikut acara kayak gini dan enggak pernah dapat hadiah undian. Ini kali pertama kau dapat hadiah undian, sama sekali enggak menyangka,” ujar siswa kelas XII SMA itu.

Peserta jalan sehat lainnya, Abizar Fatan Lutfiansyah, 9, juga mendapatkan hadiah utama sepeda motor dalam acara tersebut. Siswa Kelas III SDN 6 Wonogiri itu mengaku sejak awal memang sudah berniat mengikuti jalan sehat agar dapat hadiah utama.

Ia pun dengan semangat mengikuti jalan sehat dari mulai titik awal hingga garis finis sepanjang lebih kurang lima kilometer. Hadiah sepeda motor itu bakal dia berikan kepada orang tuanya.

Anak laki-laki asal Kelurahan Giripurwo, Wonogiri, itu juga mengaku tidak akan cepat-cepat belajar mengendarai sepeda motor karena masih terlalu dini. “[Motornya] bawa pulang buat orang tua nanti,” kata Fatan.

Sebagai informasi, jalan sehat yang digelar pada Minggu pagi itu merupakan bagian dari rangkaian Wonogiri Youth Festival untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95. Acara tersebut diselenggarakan Pemkab Wonogiri bekerja sama dengan badan usaha milik daerah BPR BKK Wonogiri. 

Direktur BPR BKK Wonogiri, Sarti, mengatakan peserta jalan sehat pada Minggu pagi itu mencapai ribuan orang yang terdiri atas warga umum Wonogiri. Tersedia 217 hadiah undian yang dibagikan kepada peserta yang beruntung.

Dua hadiah undian di antaranya adalah sepeda motor matik yang merupakan hadiah utama. Adapun ratusan hadiah lainnya berupa alat-alat rumah tangga seperti kulkas, televisi, dan mesin cuci.

“Kami ikut bekerja sama dengan Pemkab Wonogiri untuk menyukseskan peringatan Sumpah Pemuda. Acara ini memang rutin dilakukan setiap tahun. Tujuannya tentu sebagai hiburan dan menyenangkan warga Wonogiri,” kata Sarti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya