SOLOPOS.COM - PT BPR Bank Daerah Karanganyar (Perseroda) meraih empat penghargaan Top BUMD Awards 2024 di Jakarta pada Rabu (20/3/2024). (Istimewa/Bank Daerah Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR-PT BPR Bank Daerah Karanganyar (Perseroda) menorehkan prestasi dengan memboyong empat penghargaan sekaligus dalam Top BUMD Awards 2024.

Empat penghargaan diterima ini masing-masing PT BPR Bank Daerah Karanganyar sebagai Top Golden Throphy. Selain itu penghargaan kepada Penjabat (Pj) Bupati Karanganyar Timotius Suryadi sebagai Top Pembina BUMD 2024, Direktur Utama PT BPR Bank Daerah Karanganyar Haryono sebagai Top CEO BUMD 2024, dan penghargaan Top BUMD Bintang Lima 2024.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Penghargaan tersebut diserahkan di Hotel Raffles, Jakarta pada Rabu (20/3/2024). Penghargaan ini diberikan oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa Lembaga Asosiasi dan Konsultan Bisnis.

Direktur Utama Bank Daerah Karanganyar, Haryono mengatakan penghargaan Top Golden Throphy BUMD Awards 2024 diberikan karena Bank Daerah Karanganyar tiga tahun berturut-turut meraih Top BUMD Awards.

“Ini untuk kesekian kalinya PT BPR Bank Daerah Karanganyar [Perseroda] meraih penghargaan skala nasional,” kata Haryono kepada Solopos.com.

Haryono mengatakan Top BUMD Awards 2024 merupakan kegiatan penghargaan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi diberikan kepada BUMD, CEO BUMD atau Pembina BUMD dalam hal ini kepala daerah atas kinerja keuangan dan bisnisnya selalu tumbuh, berkembang setiap tahunnya serta berkinerja sangat sehat seluruh rasio keuanganya. Haryono mengatakan total asset mengalami peningkatan seiring perkembangan kinerja bisnis bank dan keuangan yang semuanya sehat.

“Total asset meningkat menjadi Rp533 miliar atau setengah triliun lebih dengan modal disetor Rp44 miliar,” katanya.

Haryono mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan Top BUMD Awards 2024 yang diterima Bank Daerah Karanganyar. Penghargaan ini menambah kepercayaan masyarakat terutama bagi para nasabah penabung dan debitur terhadap Bank Daerah Karanganyar sebagai Bank BPR terbaik, terbesar, aman, lancar dan banyak hadiahnya.

Pihaknya terus memanjakan nasabah dengan bertambahnya hadiah undian rutin yang setiap tahun dua kali pengundian dengan total hadiah Rp1 miliar.

“Hadiahnya ada dua unit mobil berupa mobil Mitsubishi Xpander dan mobil Honda Brio serta 15 sepeda motor, sepeda gunung dan hadiah elektronik lainnya bagi nasabah penabung maupun peminjam [debitur],” kata dia.

Haryono menjelaskan untuk penyaluran kredit di Bank Daerah Karanganyar terus naik dari tahun ke tahun. Di 2020 sebesar Rp382,4 milliar atau 13.3%, lalu tahun 2021 naik menjadi sebesar Rp433,4 miliar atau tumbuh 5.7%, dan tahun 2022 naik menjadi Rp458,2 miliar dan tahun 2023 naik menjadi Rp470 miliar. Sedangkan laju Dana Pihak Ketiga (DPK) berupa tabungan dan deposito juga selalu naik dari tahun 2020 sebesar Rp336,6 miliar (12%), tahun 2021 sebesar Rp377 miliar tumbuh (7,87%), tahun 2022 melesat sebesar Rp406,7 miliar dan tahun 2023 menjadi Rp463,8 miliar.

“Di 2023, Bank Daerah Karanganyar mampu memperoleh laba Rp7,6 miliar [laba sebelum pajak] dan sebesar Rp5,4 miliar (laba setelah pajak),” katanya.

Haryono mengatakan Bank Daerah Karanganyar terus melakukan peningkatan terhadap pengembangan bisnis dan investasi di daerah. Selain itu juga turut berperan dalam menggerakkan perekonomian rakyat Kabupaten Karanganyar. Ini menjadi komitmen Bank Daerah Karanganyar yang makin di hati para nasabahnya sehingga menjadi bank kebanggaan masyarakat Karanganyar.

“Bank Daerah Karanganyar saham seluruhnya milik Pemerintah Kabupaten, Insyaallah dijamin keamanan dan kelancarannya,” bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya