SOLOPOS.COM - Ratusan calhaj mengikuti praktik simulasi manasik yang digelar KBIHU Arafah Klaten, Minggu (21/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN — Ratusan jemaah calon haji atau calhaj asal Klaten mengikuti simulasi manasik haji yang digelar Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Arafah, Minggu (21/4/2024).

Jumlah total calhaj yang tergabung dalam KBIHU Arafah sebanyak 749 orang. Rencananya, ratusan calhaj itu berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini dan terbagi dalam tiga kloter. Praktik simulasi akbar KBIHU Arafah digelar di beberapa lokasi wilayah Klaten.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Salah satu pendamping calhaj dari KBIHU Arafah, Azib Triyanto, menjelaskan praktik simulasi salah satunya bertempat di lapangan Tambakboyo, Kecamatan Pedan, Klaten, yang digambarkan sebagai Makah serta Masjidil Haram untuk thawaf, sai, maupun tahallul.

Lokasi berikutnya yakni di Lapangan Karangwungu, Karangdowo, yang disimulasikan sebagai Mina, untuk praktik simulasi melempar jumrah. “Lapangan SMPN 1 Cawas sebagai Arafah untuk wukuf dan Lapangan Beji Pedan sebagai Muzdalifah,” kata Azib saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Para calhaj Klaten bakal mengikuti manasik bersama yang digelar Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten pada awal pekan ini. Soal usia, Azib mengatakan rata-rata calhaj sudah lanjut usia yakni umur 50-60 tahun. “Ada pula yang berumur 84 tahun,” kata Azib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya