SOLOPOS.COM - Band pelajar tampil dalam parade band sebagai rangkaian Hipmi Fest 2023 yang digelar di halaman Gedung SMS Sragen, Kamis (21/12/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sragen menggelar Hipmi Fest 2023 di halaman Gedung Sasana Manggala (SMS) Sragen, Kamis (21/12/2023). Acara yang untuk kali pertama digelar ini sebagai ajang aktualisasi talenta anak-anak muda serta mempromosikan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hipmi Fest 2023 dimeriahkan parade band pelajar, festival kuliner, pameran produk kerajinan, bazaar UMKM, dan lainnya. Sejumlah band lokal dari genre pop hingga rok tampil dalam ajang tersebut, seperti Zecurity, Proyek Dansa, Rose Metal, Boikot 98, Muka Muda, dan Knog.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Acara yang dibuka Bendahara Umum Hipmi Jawa Tengah (Jateng), Teddy Agung Tirtayadi, itu juga diramaikan 50 anggota Komunitas Kuliner Sragen dan Peguyuban UMKM Gading Sukowati Sragen.

Ketua BPC Hipmi Sragen, Syaifudin, menerangkan Hipmi Fest 2023 ini akan dihelat hingga malam pukul 22.00 WIB nanti. Hipmi Fest 2023 ini digelar untuk memfasilitasi pelaku UMKM sekaligus memberi ruang bagi talenta-talenta muda Sragen unjuk gigi.

“Tahun-tahun sebelumnya ada istilah Jambore UMKM yang digelar selama sepekan. Program itu digulirkan saat Hipmi Sragen dipimpin Mas Bro [Budiono Rahmadi]. Dan di bawah kepemimpinan saya, nuansanya diubah menjadi Hipmi Fest 2023 untuk memberi ruang bakat anak-anak muda Sragen dan menggeliatkan UMKM Sragen,” ujar Syaifudin.

Dia menerangkan output dari kegiatan ini adalah membuka pasar bagi pelaku UMKM dan pengusaha-pengusaha muda Sragen terutama yang bergerak di bidang kuliner, fashion, craft, dan lainnya. Selama ini ketika bazar UMKM digelar, banyak pesertanya yang berasal dari luar Sragen. Hal ini yang kemudian menjadi bahan evaluasi.

Bendahara Umum Hipmi Jateng, Teddy Agung Tirtayadi, menerangkan ini merupakan program unggulan Hipmi Sragen. Dia berharap kegiatan ini dapat dikenal khalayak ramai dan gaungnya sampai keluar Sragen.

“UMKM itu mampu menyerap tenaga kerja sampai 97% di Jateng. Ke depan, saya optimistis kolaborasi anak muda dan UMKM bisa tumbuh besar, bisa dikenal keluar dan menasional,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya