SOLOPOS.COM - Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Rinto Subekti (kiri) meraih suara terbanyak di Dapil Jateng IV di Pemilu 2024. (demokrat.or.id)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sempat gagal di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah Rinto Subekti berpeluang besar lolos sebagai anggota DPR di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IV pada Pemilu 2024.

Tak tanggung-tanggung, Rinto meraih 122.939 suara, tertinggi by name di Dapil neraka meliputi wilayah Kabupaten Sragen, Karanganyar, Wonogiri. Perolehan suara putra daerah Karanganyar ini diperoleh versi partai dari formulir D Hasil rekapitulasi KPU.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Rinto memberikan kejutan kepada lawan politiknya dengan mengalahkan para politikus PDIP seperti Bambang “Pacul” Wuryanto yang perolehan by name 118.384 suara. Disusul caleg petahana PDIP, Dolfie OFP, meraih 107.552 suara. Di peringkat keempat ada Diah Pikatan yang merupakan cucu dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri yang mendapatkan 101.125 suara.

Posisi selanjutnya ada mantan Bupati Karanganyar dua periode, Juliyatmono, caleg dari Partai Golkar yang meraih 97.157 suara. Disusul Hamid Noor dari PKS mendapatkan 92.242 suara. Dan terakhir anggota DPR Jawa Tengah dari Gerindra, Sriyanto mengumpulkan 58.130 suara.

Ketua DPC Partai Demokrat Karanganyar, Tri Haryadi, menyampaikan rasa syukur atas perolehan suara Rinto Subekti jadi yang tertinggi by name di Dapil IV Jawa Tengah. Dengan perolehan itu, mengakhiri puasa wakil Partai Demokrat di Dapil IV Jawa Tengah ke senayan.

“Pemilu ini memang penuh kejutan untuk Partai Demokrat. Target satu kursi DPR di Dapil IV dan lima kursi DPRD Karanganyar terpenuhi,” katanya dijumpai Solopos.com saat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten di Gedung DPRD Karanganyar pada Kamis (29/2/2024).

Tri Haryadi mengatakan keberhasilan Partai Demokrat meraih kursi DPR merupakan kerja secara kolektif. Meski, dia menilai Pemilu tahun ini sangat berat dan kompetitif. Pertarungan yang dihadapi cukup sengit, sehingga Demokrat butuh energi besar dalam petarungan tersebut. Dengan hasil kerja ini, Demokrat mantap menghadapi Pilkada 2024.

Disinggung nama Rinto Subekti mencuat sebagai figur diusung sebagai calon Bupati Karanganyar, Tri Haryadi membenarkannya. Sesuai penugasan Partai Demokrat, Rinto memang masih menjadi kandidat kuat untuk diusung sebagai calon Bupati Karanganyar. Namun jika ada perubahan, pihaknya akan menyiapkan kader-kader terbaik di internal Partai Demokrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya