SOLOPOS.COM - Bondan Sejiwan Boma Aji. (dprd.jatengprov.go.id)

Solopos.com, WONOGIRI — Calon anggota legislatif atau caleg DPRD Provinsi Jawa Tengah asal Wonogiri yang berkompetisi di Dapil VI, Bondan Sejiwan Boma Aji, memperoleh suara tertinggi di antara caleg lain dari Partai Golkar di Jateng.

Bondan meraup 104.658 suara. Dengan perolehan suara itu, dia diprediksi kembali lolos ke parlemen tingkat provinsi itu pada Pemilu 2024. Bondan mengatakan berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Jateng, ada 17 caleg Partai Golkar yang diproyeksikan lolos ke DPRD Jateng.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mereka tersebar di semua dapil tingkat provinsi. Bondan mengklaim dari semua caleg yang lolos itu, perolehan suaranya itu paling tinggi. Bahkan, menurutnya, perolehan suara itu memecahkan rekor.

”Pada Pemilu-Pemilu sebelumnya, belum ada caleg di tingkat Provinsi Jawa Tengah yang bisa meriah suara lebih dari 100.000. Jadi bisa dikatakan ini termasuk rekor untuk Partai Golkar Jawa Tengah,” kata Bondan kepada Solopos.com, Selasa (12/3/2024).

Dia menyebut caleg Partai Golkar yang memeroleh suara mendekati perolehan suaranya yaitu Ferry Wawan yang maju di Dapil X. Ferry meraih 97.692 suara, disusul Tietha Ernawati yang meraup 95.511 suara di Dapil XI. Sementara perolehan suara caleg Partai Golkar lainnya di bawah 90.000 suara.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Wonogiri itu menyampaikan tidak memiliki strategi khusus dalam menghimpun suara pada Pemilu 2024. Namun, dia fokus berkampanye di Wonogiri dan Karanganyar. Sementara di Sragen yang juga masuk dapil VI tidak begitu dia jelajahi.

“Tidak ada strategi khusus. Perolehan suara ini saya anggap murni sebagai dukungan masyarakat. Ini amanah untuk saya untuk kembali menjabat sebagai anggota DPRD Jateng lagi di periode mendatang,” ujar dia.

Sementara itu, berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan KPU Jawa Tengah, Partai Golkar di dapil VI DPRD Jawa Tengah memperoleh 218.624 suara atau sebesar 9,32% dari suara sah. Partai berlambang pohon beringin ini menempati posisi keempat di bawah PDIP, PKB dan Partai Gerindra.

“Dengan perolehan suara sebanyak itu, kami punya peluang dapat dua kursi di dapil VI,” ungkap Bondan. Disinggung ihwal namanya yang masuk bursa calon bupati Wonogiri pada Pilkada 2024, Bondan mengaku belum ada ambisi ke arah itu.

Namun, dia akan mengikuti keputusan Partai Golkar terkait siapa yang kelak akan ditunjuk maju sebagai calon bupati Wonogiri.

”Kalau saya diperbincangkan masuk bursa bupati Wonogiri, ya itu terserah saja. Tapi saya tidak ambisi untuk itu. Pada prinsipnya nanti saya akan dukung siapa saja calon yang diajukan Partai Golkar,” ucap Bondan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya