SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada. (Freepik.com)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 14 nama masuk dalam bursa calon bupati dan calon wakil bupati atau cabup-cawabup Pilkada Klaten 2024 hingga Jumat (24/5/2024).

Mereka ada yang baru mengambil formulir pendaftaran dan ada juga yang sudah mengembalikan formulir alias sudah resmi mendaftar ke partai politik di Klaten.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Di antara mereka juga ada yang mendaftar di satu parpol namun ada juga yang mendaftar di beberapa parpol sekaligus. Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, 14 nama tokoh yang masuk bursa cabup-cawabup Pilkada Klaten 2024 itu berasal dari berbagai latar belakang.

Ada dari kalangan politikus, pengusaha, tokoh agama, pensiunan jenderal polisi, pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mantan sekda, wakil bupati, bahkan ada seorang Youtuber otomotif.

Berikut daftar 14 nama di bursa cabup-cawabup Pilkada Klaten 2024 dan latar belakang mereka:

1. Aris Prabowo

Menjabat Wakil Ketua DPC PDIP Klaten, Aris Prabowo mendaftar sebagai calon bupati pada Pilkada 2024 lewat PDIP. Aris langsung mendaftar pada hari pertama pendaftaran penjaringan cabup-cawabup dibuka di DPC PDIP Klaten, Rabu (15/5/2024).

Aris bukanlah orang baru di kancah Pilkada Klaten. Pada 2020 lalu, ia maju sebagai cawabup dan bahkan sudah mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP untuk mendampingi Sri Mulyani. Namun ia batal maju dan posisinya digantikan oleh Yoga Hardaya dari Partai Golkar.

2. Hartanti

Sama seperti Aris Prabowo, Hartanti juga kader internal PDIP yang mendaftar sebagai calon bupati di PDIP pada Rabu (15/5/2024). Hartanti saat ini masih menjadi anggota DPRD Klaten. Ini merupakan periode keempat atau hampir 20 tahun Hartanti menjadi anggota legislatif Klaten.

3. Edy Sasongko

Selain Aris Prabowo dan Hartanti, Edy Sasongko juga mendaftar sebagai cabup lewat PDIP pada Rabu (15/5/2024). Edy saat ini masih menjabat Ketua Fraksi PDIP DPRD Klaten.

4. Andy Purnomo

Nama Andy Purnomo juga muncul di daftar bursa cabup-cawabup Pilkada Klaten 2024 dari PDIP. Andy yang merupakan putra mantan Bupati Klaten Sri Hartini saat ini masih menjadi anggota DPRD Klaten.

Pada Pemilu 2024 lalu, ia kembali mendapatkan kursi DPRD dengan menggantikan salah satu caleg terpilih, Ratna Dewanti, yang tidak lolos berdasarkan sistem KomandanTe Stelsel

5. Aris Widiharto

Setelah 25 tahun berkiprah di lembaga legislatif, Aris Widiharto memutuskan berhenti dan tidak maju lagi sebagai caleg pada Pemilu 2024 lalu. Kemudian pada Selasa (21/5/2024), Aris yang tergolong sebagai politikus senior PDIP Klaten mendaftar sebagai calon bupati melalui partai berlambang banteng tersebut.

6. Wijanarko

Wijanarko atau yang akrab disapa Mas Eko merupakan pengusaha kuliner pemilik Waroeng Penyet Banyuwangi. Pria yang tinggal di Jl Kopral Sayom, Gang Mijil, Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, itu juga sudah 27 tahun berkiprah di perbankan. Mas Eko mendaftar sebagai calon bupati melalui PDIP.

7. Benny Indra Ardhianto

Pengusaha muda ini merupakan putra dari Ketua DPC Partai Gerindra Klaten yang juga anggota DPRD Klaten Hariyanto. Benny lahir pada 14 April 1992. Alumnus SMAN 1 Klaten itu merupakan lulusan S2 Administrasi Bisnis UGM Yogyakarta. Sebagai pengusaha ia menjadi Sekretaris Paguyuban Pertashop Jateng DIY (P2PJD) DPC Surakarta.

Benny juga menjadi Region Coordinator Agen, SPPBE & Retester Elpiji 3 kg Hiswana Migas Kabupaten Klaten, Presiden Diretur PT Benny Putra Mandiri, komisaris PT Benny Putra, general manager PT Benny Putra, pendiri arena Kuliner Delanggu dan pendiri Sentral Oli dan Motor Delanggu.

Dia terlibat dalam berbagai komunitas sosial salah satunya komunitas penggilingan padi dan beras (KPPB) Klaten. Benny masuk bursa cabup-cawabup di dua partai politik yakni PDIP dan Partai Gerindra.

8. Mujiburrahman

Mujiburrahman atau yang akrab disapa Gus Mujib merupakan Ketua PCNU Klaten periode 2014-2020 dan 2020-2025. Ia didorong maju sebagai calon bupati oleh para nahdliyin (warga NU) yang mendatangi rumahnya di sentra pengecoran logam Desa Kurung, Kecamatan Ceper. Baru-baru ini, Gus Mujib juga memperoleh dukungan dari para kiai dan warga nahdliyin melalui surat.

Dari informasi yang diperoleh Solopos.com, Gus Mujib melalui perwakilannya mengambil formulir pendaftaran cabup-cawabup di PDIP dan PKB.

9. Jaka Sawaldi

Jaka Sawaldi merupakan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten sejak 30 Juni 2015 sampai Desember 2021. Jaka juga pernah menjadi Pelaksana Tugas (Plt) kemudian Penjabat (Pj) Bupati Klaten pada masa transisi jabatan dari Bupati Sunarna ke Bupati-Wakil Bupati hasil Pilkada 2015.

Jaka Sawaldi mendaftar sebagai cabup/cawabup Pilkada Klaten 2024 melalui PKB dan Partai Gerindra.

10. Wahyu Adi Darmawan

Wahyu Adi Darmawan diketahui merupakan seorang pengusaha asal Kecamatan Ceper, Klaten. Ia mendaftar penjaringan cabup-cawabup Pilkada Klaten 2024 melalui PKB Klaten.

11. Irjen Pol (Purn) Herry Wibowo

Pensiunan jenderal bintang dua ini terakhir menjabat sebagai Kakorbinmas Baharkam Mabes Polri sebelum purnatugas. Ia mendaftar penjaringan cabup-cawabup di beberapa parpol antara lain PKS, PAN, Partai Demokrat, PKB, dan Partai Gerindra.

12. Ambar Suseno

Ambar Suseno diketahui merupakan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia juga berasal dari Klaten dan menjadi salah satu tokoh Klaten yang sukses. Ambar mendaftar dalam penjaringan cabup-cawabup melalui PKB dan Partai Gerindra.

13. Yoga Hardaya

Wakil Bupati sekaligus Ketua DPD II Partai Golkar Klaten ini termasuk politikus senior di Kabupaten Bersinar. Ia mendaftar pada penjaringan cabup-cawabup di PKB, Partai Gerindra, PAN, dan Partai Demokrat. Dari Partai Golkar sendiri ia sudah mengantongi surat perintah maju sebagai cabup di Pilkada Klaten 2024.



14. Ridwan Hanif

Ridwan Hanif dikenal sebagai YouTuber di bidang otomotif dengan tiga jutaan subscriber (pengikut). Video-video pria asal Klaten yang kebanyakan berisi review mobil di kanal YouTube-nya menarik banyak netizen untuk menyimak. Ia mendaftar penjaringan cabup-cawabup Pilkada Klaten 2024 melalui PKS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya