SOLOPOS.COM - Ketua DPD Golkar Klaten, Yoga Hardaya, (ketiga dari kanan) resmi mendaftar sebagai Cabup Klaten di DPC PKB, Sabtu (26/5/2024). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Ketua Dewan Pimpinan Daerah tingkat II (DPD II) Partai Golkar Klaten yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya, resmi mendaftar sebagai bakal Cabup Klaten di Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sebelumnya, Yoga mengambil formulir pendaftaran di DPC PKB Klaten, Jumat (24/5/2024). Selang sehari atau Sabtu (25/5/2024), Yoga mengembalikan formulir pendaftaran yang menandakan resmi sudah mendaftar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Yoga bersama rombongan pengurus DPD II Partai Golkar Klaten mendatangi kantor DPC PKB Klaten untuk mengembalikan formulir pendaftaran Sabtu siang. Dia ditemui sejumlah pengurus DPC PKB Klaten.

“Saya Ketua DPD DPD Partai Golkar Klaten bersama rombongan datang ke kantor DPC PKB Klaten dalam rangka mengembalikan formulir pendaftaran sebagai bakal Cabup dalam Pilkada Klaten 2024 atas nama saya sendiri Yoga Hardaya,” kata Yoga saat ditemui wartawan seusai mengembalikan formulir.

Yoga mendaftarkan diri sebagai bakal Cabup di PKB sebagai bagian dari komunikasi politik yang sebelumnya sudah dibangun sejak DPC PKB membuka pendaftaran bakal cabup-cawabup. Pendaftaran Yoga ke DPC PKB sekaligus menjadi ajakan untuk berkoalisi dengan Golkar pada Pilkada Klaten.

“Kami menyadari untuk bisa mendaftaran pasangan calon Pilkada Klaten, persyaratan [Parpol maupun gabungan Parpol] minimal 20 persen dari jumlah kursi di DPRD Klaten sebanyak 50 kursi. Golkar memiliki tujuh kursi sehingga kami masih kurang tiga kursi. PKB Klaten memiliki empat kursi. kami berharap dengan saya mengembalikan formulir pendaftaran harapan kami Partai Golkar bisa berkoalisi dengan PKB,” jelas Yoga.

Selain PKB, Yoga mendaftar sebagai bakal Cabup ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Klaten, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Klaten, serta DPC Partai Demokrat Klaten.

Disinggung koalisi Parpol pengusung pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 digadang-gadang bisa berlanjut ke Pilkada, Yoga menjelaskan hingga kini pengurus parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) masih berkomunikasi secara intensif. Parpol yang tergabung dalam KIM di antaranya Partai Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, serta PSI.

“Ini bagian dari menguatkan koalisi KIM plus. Plusnya PKB. Kalau yang masuk KIM di Klaten ada komunikasi yang intens. Dengan partai di luar KIM, kami juga komunikasi intens walau melalui telepon,” ungkap Yoga.

Seperti diberitakan sebelumnya, DPC PKB Klaten juga membuka pendaftaran bakal Cabup-Cawabup sejak Senin (20/5/2024). Sudah ada enam orang baik secara langsung maupun perwakilan mengambil formulir pendaftaran.

Mereka yakni Jaka Sawaldi mantan Sekda Klaten, Wahyu Adi Darmawan warga Kecamatan Ceper, serta Irjen Pol (Purn) Herry Wibowo pensiunan Polri. Mereka sudah mengambil sekaligus mengembalikan formulir alias sudah mendaftar. Nama lain yang sudah mengambil formulir di DPC PKB Klaten yakni Ambar Suseno pegawai KPK, Mujiburrahman tokoh Nahdliyin, serta Yoga Hardaya yang kini menjabat Wabup Klaten sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Klaten.

Sekretaris DPC PKB Klaten, Marzuki, menjelaskan setelah tahapan pendaftaran terbuka untuk siapa pun dan dari partai mana pun atau di luar partai. “Hasil penjaringan semua nanti secara teknis terinventaris DPP. Kami membuat berita acara hasil penjaringan. Komunikasi selanjutnya kami godok bersama DPP. Penentunya nanti di DPP,” kata Marzuki.

Marzuki menjelaskan hasil rekomendasi DPP nantinya juga masih dibahas dengan parpol yang berkoalisi dengan PKB di Pilkada Klaten. Pasalnya, PKB yang memiliki empat kursi tak bisa mengusung calon secara mandiri. Sesuai ketentuan, jumlah kursi DPRD parpol maupun gabungan parpol untuk mengusung pasangan Cabup-Cawabup di Pilkada Klaten minimal 10 kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya