SOLOPOS.COM - Ketua dan anggota PPK Purwantoro mengenakan kostum superhero pada pembacaan rekapitulasi suara kecamatan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara Kabupaten Wonogiri di Gedung Sasana Mulya, Selogiri, Wonogiri, Kamis (29/2/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Kehebohan mewarnai hari terakhir rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum atau KPU Wonogiri, Kamis (29/2/2024). Kehebohan itu tak lepas dari aksi unik dan mengejutkan dari anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Purwantoro.

Hari itu rekapitulasi dijadwalkan untuk tiga kecamatan yaitu Pracimantoro, Purwantoro, dan Wonogiri. Rekapitulasi di Gedung Sasana Mulya, Selogiri, itu dimulai pada pukul 09.00 WIB. Setelah Pracimantoro, seharusnya giliran PPK Purwantoro yang membacakan rekapitulasi di urutan kedua.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Namun, anggota PPK Purwantoro datang terlambat dan belum tampak hadir hingga pembacaan rekapitulasi PPK Pracimantoro selesai. Hal itu tak pelak membuat komisioner KPU Wonogiri waswas.

Hingga pukul 10.30 WIB, ketika jatah PPK Purwantoro membacakan rekapitulasi di tingkat KPU Wonogiri, PPK Purwantoro belum juga tampak hadir. Akhirnya PPK Wonogiri yang sebetulnya mendapatkan jatah pembacaan terakhir menggantikan jadwal PPK Purwantoro.

Setelah PPK Wonogiri selesai membacakan hasil rekapitulasi pun, PPK Purwantoro belum juga tampak di kursi tunggu. Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha, sempat bingung dan bertanya kepada staf KPU lain yang duduk di belakangnya.

Saat itu lah, tiba-tiba pintu utama gedung terbuka dan sejumlah orang berkostum ala superhero beriringan masuk ke dalam ruangan dan mengejutkan para peserta rapat. Rupanya mereka adalah anggota serta ketua PPK Purwantoro.

Ada yang mengenakan kostum superhero Batman, Superman, Iron Man, dan Zorro. Kedatangan mereka langsung disambut meriah peserta Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara Kabupaten dengan tepuk tangan riuh.

Apresiasi untuk KPPS

Setelah itu mereka dengan lancar membacakan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kecamatan Purwantoro. Ketua PPK Purwantoro, Komar, mengaku sengaja menyiapkan skenario itu.

Hal itu berujuan untuk memberikan kejutan dan kemeriahan pada hari terakhir rekapitulasi suara di KPU Wonogiri. Di sisi lain, kata dia, kostum superhero itu sebagai simbol sekaligus apresiasi kepada para anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Purwantoro.

“Ini merupakan apresiasi kepada para KPPS yang sudah bekerja 24 jam dalam pemungutan dan penghitungan suara. Mereka adalah pahlawan demokrasi. Sedangkan kami hanya menghimpun dan membacakan rekapitulasi suara saja,” ungkap Komar.

Dia menambahkan pelaksanaan Pemilu 2024 di Kecamatan Purwantoro berjalan lancar. Tidak ada hambatan berarti. Kondisi lingkungan selama tahapan Pemilu juga konfusif.

Sementara itu, Ketua KPU Wonogiri Satya Graha mengakui sempat waswas ketika para anggota PPK Purwantoro tak kunjung hadir sesuai jadwal. Satya bahkan sudah menyiapkan evaluasi teguran bagi PPK Purwantoro jika tidak hadir dalam rekapitulasi itu.

Teguran itu langsung gugur ketika para anggota PPK Purwantoro datang secara mengejutkan. “Tadi kami sudah sepakat, kami akan membacakan sendiri hasil rekapitulasi Kecamatan Purwantoro kalau PPK-nya tidak kunjung hadir. Tetapi ternyata kami di-prank,” kata Satya dalam forum tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya