SOLOPOS.COM - Anak-anak di Desa Jati, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar diberi latihan tentang tertib berlalu lintas pada Jumat (15/9/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR Desa Jati, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar melaju ke tingkat nasional mewakili provinsi Jawa Tengah dalam lomba Kampung Tertib Lalu Lintas 2023.

Selain infrastruktur keselamatan berlalu lintas yang memadai, kaderisasi generasi patuh aturan lalu lintas juga berjalan di desa tersebut. Saat ini tahapan penilaian mulai dilakukan oleh tim Mabes Polri.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jateng, AKBP Mariska Fendi Susanto, mengatakan Desa Jati mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional selepas lolos penjaringan tingkat kabupaten dan provinsi. Dikatakannya, Desa Jati diajukan mewakili Jawa Tengah dengan desa lain di wilayah Jepara.

“Kami cek ke sini dan melihat secara langsung kondisi masyarakat di Desa Jati untuk persiapan lomba tingkat nasional,” kata dia didampingi Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Aliet Alphard di Desa Jati pada Jumat (15/9/2023).

Di Desa Jati, dia menilai masyarakatnya guyub rukun dalam menyukseskan program kampung tertib lalu lintas. Bahkan, fasilitas tertib berlalu lintas tersedia di sudut-sudut kampung.

Berbagai fasilitas di Desa Jati, seperti kamera closed circuit television (CCTV) di jalan-jalan kampung, pos pantau, jalan keselamatan. Kemudian juga rambu pembatas, marka jalan, poster edukasi, satgas linmas, ruang ramah publik, taman baca, bioskop tertib lalu lintas dan latihan uji praktik SIM.

Dia mengaku antusiasme masyarakat untuk mengikuti lomba Kampung Tertib Lalu Lintas 2023 sangat tinggi.

“Jadi di sini tidak hanya rambu, tapi ada regenerasi kader tertib berlalu lintas. Terpenting dukungan stakeholder di kampung tertib lalin,” katanya.

Menurutnya, Polda Jawa Tengah mendukung penuh desa peserta lomba tingkat nasional itu. Dia berharap Polda Jawa Tengah memenangi kegiatan yang digelar dalam rangkaian HUT ke-68 Lalu Lintas. Keselamatan lalu lintas dari desa ini bisa meningkat ke kota.

“Digalakkan ke semua lini masyarakat,” katanya.

Kades Jati, Haryanta mengaku optimistis desanya meraih prestasi gemilang di lomba kampung tertib lalu lintas tingkat nasional tahun 2023.

“Lolos penjaringan tingkat kabupaten dan provinsi membuktikan desa tangguh,” katanya.

Saat ini, Desa Jati menjadi percontohan bagi desa-desa lain dalam kampung tertib lalu lintas. Warganya patuh dan tertib berlalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya