SOLOPOS.COM - Ketua Pengadilan Negeri Klaten, Aminuddin. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Pucuk pimpinan Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Klaten resmi berganti. Aminuddin menjadi pejabat baru Ketua PN Klaten menggantikan pejabat sebelumnya, Tuty Budhi Utami.

Tuty mendapat tugas baru sebagai Ketua Pengadilan Negeri Hubungan Industrial dan Tindak Pidana Korupsi Kelas IA Yogyakarta. Rangkaian kegiatan kenal pamit Ketua PN Klaten digelar di Pendapa Pemkab Klaten, Kamis (4/1/2024).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Rangkaian kegiatan itu dihadiri pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pejabat lainnya. Aminuddin sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PN Sleman, DIY.

Pria kelahiran Palembang, Sumatra Selatan, 3 September 1965, itu juga pernah menjabat sebagai Ketua PN Bantul. Memimpin sidang kasus pabrik obat terlarang terbesar se-Indonesia menjadi salah satu pengalaman Aminuddin selama bertugas di Bantul.

Aminuddin berharap dukungan dari seluruh elemen di Kabupaten Bersinar untuk peningkatan pelayanan Pengadilan Negeri Klaten. Dia akan melanjutkan program pelayanan yang sudah diinisiasi Ketua PN Klaten sebelumnya dengan menghadirkan inovasi dalam pelayanan peradilan.

Program prioritasnya yakni percepatan pelayanan peradilan bagi masyarakat umum. Salah satunya dengan menertibkan jadwal sidang agar tak molor.

“Nanti akan menggunakan aplikasi, semua yang terlibat dalam sidang tahu jamnya. Saya akan kumpulkan pihak-pihak terkait untuk sama-sama membantu agar jadwal sidang lebih tertib,” ujar Aminuddin saat ditemui wartawan seusai acara kenal pamit.

Apresiasi Bupati

Selain itu, Aminuddin mengatakan percepatan pelayanan lainnya seperti dalam hal pengambilan salinan putusan. “Nanti bisa mengisi dari jarak jauh, sampai di PN tinggal print, lima menit selesai,” ungkap dia.

Sementara itu, Tuty menyampaikan kesan mendalam selama bertugas di Pengadilan Negeri Klaten. Khususnya dalam sinergitas kebijakan yang berdampak pada pelayanam prima kepada masyarakat.

“Terima kasih atas kerjasamanya selama ini, solid dan sinergi. Ini merupakan catatan bagi saya, bahwa Forkopimda yang kompak dan saling mendukung masing-masing program, baik dari Pemkab Klaten sendiri maupun dari instansi lainnya bisa saling dukung satu dengan yang lain sehingga program-program yang telah disusun dapat dilaksanakan dengan lancar dan sukses,” ungkap dia.

Tuty Budhi Utami menjabat sebagai Ketua PN Klaten selama dua tahun. Sebelumnya Tuty menjabat sebagai Wakil Ketua PN Klaten selama dua tahun.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Tuty Budhi Utami selama menjalankan perannya sebagai bagian dari Forkopimda Klaten untuk mewujudkan keadilan telah memberikan hasil nyata dalam pelaksanaan pembangunan daerah yang merata serta pelayanan prima kepada masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih untuk Ibu Tuty dalam pembinaan dan penegakan hukum di Kabupaten Klaten. Untuk Pak Aminuddin, Ketua PN Klaten yang baru, kami mengucapkan selamat datang, selamat bergabung, apa yang sudah baik selama ini bisa ditingkatkan, apa yang belum baik mari sama-sama diperbaiki sehingga tercipta harmonisasi dan sinergi kita dalam mengawal pembangunan di Klaten,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya