SOLOPOS.COM - Anggota KPPS di Kabupaten Karanganyar melakukan penanaman bibit pohon selepas dilantik pada Kamis (25/1/2024). (Istimewa/KPU Karanganyar)ac

Solopos.com, KARANGANYAR–Sebanyak 22.400 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Karanganyar dilantik dan diambil sumpah jabatannya. Mereka akan disebar di 3.200 tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Prosesi pelantikan anggota KPPS telah dilakukan di desa/kelurahan masing-masing pada Kamis (25/1/2024). Selepas acara mereka serentak langsung melakukan penanaman pohon.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar Daryono mengatakan para personel ad hoc penyelenggara pemilu 2024 ini sebelum prosesi pelantikan diminta membawa minimal satu bibit tanaman. Kemudian bibit tanaman ini secara serentak ditanam di lahan kritis maupun di sekitar lingkungan kerjanya di TPS masing-masing.

“Komisioner KPU memantau secara daring maupun luring. KPU memantaunya yang terbagi dalam lima tim di lima dapil,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat (26/1/2024).

Daryono mengatakan penanaman serentak bibit pohon tersebut sekaligus menandai pengukuhan anggota KPPS se-Kabupaten Karanganyar. Dia mengatakan penanaman bibit pohon ini menindaklanjuti instruksi KPU pusat dalam rangka reboisasi.

Hal ini menjadi penting mengingat saat pemilu ini, KPU membutuhkan banyak sekali kertas salah satunya untuk surat suara.

“Kertas ini produk hutan dari penebangan pohon. Maka dengan penanaman pohon ini upaya menyeimbangkan alam sekalian mengganti yang ditebang untuk kebutuhan kertas,” kata Daryono.

Secara terpisah, Sekretaris Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jatiyoso, Mahmud, mengatakan giat penanaman pohon yang dilakukan para anggota KPPS sangat bermanfaat di wilayahnya.

Mengingat, Jatiyoso menjadi salah satu wilayah rawan bencana tanah longsor karena kondisi berada di kawasan lereng Gunung Lawu. “Petugas KPPS sangat antusias menanam pohon. Kita tanam di wilayah-wilayah kritis yang rawan longsor,” katanya.

Di Jatiyoso, dia mengatakan ada 1.050 anggota KPPS yang dilantik. Anggota KPPS tersebut akan mulai bekerja sejak tanggal dilantik. Puncaknya pada pemungutan suara 14 Februari 2024. Mereka sekaligus berkewajiban menyampaikan undangan kepada warga untuk menggunakan hak pilih di TPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya