SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, melantik sejumlah pejabat yang dimutasi atau pindah jabatan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (5/6/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Frasiscus Xeverius (FX) Pranata resmi menjadi Penjabat atau Pj Sekretaris Daerah atau Sekda Wonogiri menggantikan Haryono yang purnatugas per awal Juni 2024. Pranata dilantik oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, bersama puluhan pejabat lain yang mutasi, Rabu (5/6/2024).

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah janji pejabat yang dimutasi itu dilakukan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Wonogiri No 800.1.3.3/2024, ada 37 pemutasian aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Wonogiri.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pemutasian di antaranya pengangkatan Pj Sekda, pengangkatan dalam jabatan administrator eselon III, pengangkatan dalam jabatan pengawas eselon IV, pengangkatan guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah, dan pengangkatan jabatan fungsional.

FX Pranata yang dilantik sebagai Pj Sekda sebelumnya menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda. Kemudian ada tujuh pejabat eselon III yang dimutasi di antaranya Sangga Ota Kharisma yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata menjadi Camat Giritontro.

Joko Prayitno dilantik menjadi Kepala Bidang Pemadam Kebakaran pada Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Wonogiri. Lalu Zyqma Idatya Fitha mengemban tugas sebagai Kepala Bagian Pemerintahan. Zyqma bertukar tugas dengan Retno Utari yang kini menjadi Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Wonogiri.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan pemutasian pejabat itu merupakan kegiatan rutin, bukan sesuatu yang khusus. Hal ini dilakukan untuk jenjang karier para PNS di Pemkab Wonogiri.

Promosi jabatan tersebut berdasarkan rekam jejak kinerja. Penunjukan atau pengangkatan jabatan itu juga telah mendapatkan persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Seleksi 5 Jabatan Eselon II

“Kami melakukan pengisian jabatan yang kosong, termasuk ada Sekda, Camat [Giritontro]. Hari ini kami menetapkan Penjabat Sekda karena otoritas dan kewenangannya menjadi mutlak, kalau kemarin kan baru PLH [pelaksana harian],” kata Joko Sutopo saat diwawancarai Solopos.com, Rabu.

Sebagai informasi, Sekda Wonogiri, Haryono, telah pensiun per Juni 2024. Menurut Bupati, pengisian jabatan Sekda definitif akan dilaksanakan mulai Juni ini. Selain Sekda, Pemkab Wonogiri juga membuka seleksi untuk lima jabatan tinggi lain.

Lima jabatan itu meliputi Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), dan Staf Ahli Bupati. “Ini izin pengisian JPT [jabatan tinggi pratama] sudah keluar. Nanti kami awali dengan uji kompetensi, bulan ini kami mulai,” ujar dia.

Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno, menambahkan khusus kepada Pj Sekda ia berharap dapat terus melanjutkan amanah Sekda sebelumnya. Dia juga berharap dengan dilantiknya Pj Sekda bisa menjadi pioner dan teladan bagi seluruh ASN di lingkungan Pemkab Wonogiri.

Setyo menyampaikan Pj Sekda harus bisa menerapkan nilai inti ASN yakni berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, serta dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang memberikan dampak besar dalam organisasi.

“Semua yang baru saja dilantik hendaknya benar-benar mampu menjabarkan kepercayaan dan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Selain itu bekerja dengan penuh keseriusan dan tanggung jawab,” ucap Setyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya