SOLOPOS.COM - Ilustrasi imunisasi polio. (Dok Solopos)

Solopos.com, KLATEN–Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Klaten dimulai Senin (15/1/2024). Rencananya, pencanangan Sub PIN Polio secara serentak digelar di Balai Desa Tanjungsari, Kecamatan Manisrenggo.

Sub PIN Polio digelar menanggapi temuan kasus polio di beberapa kabupaten termasuk satu kasus di Manisrenggo, Klaten. Sub PIN Polio bakal digelar dalam dua tahap dengan tahap pertama mulai 15-20 Januari 2024 dan tahap kedua mulai 19-24 Februari 2024.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Lokasi Sub PIN Polio yakni di Puskesmas, Posyandu, TK/PAUD, SD/MI, dan pos imunisasi lainnya. Sub PIN Polio diberikan dengan dua tetes vaksin cegah polio.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan sasaran imunisasi sekitar 127.000 anak usia nol tahun hingga tujuh tahun 11 bulan 29 hari. Ditargetkan, capaian imunisasi sebesar 95 persen.

Dia menambahkan imunisasi diberikan tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Pada putaran pertama, imunisasi ditargetkan selesai dalam sepekan.

“Itu nanti tiga sampai empat hari berdasarkan Puskesmas, Posyandu, dan lain-lain. Setelah itu, kalau masih ada yang belum terimunisasi, petugas melakukan penyisiran,” kata Anggit saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Jumat (12/1/2024).

Anggit menjelaskan imunisasi itu diberikan untuk memutus rantai penularan virus polio yang menyerang sistem saraf dan bisa menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian. Meski hanya ada satu kasus, upaya pencegahan dilakukan dengan memberikan imunisasi serentak.

“Walau hanya satu kasus, tetapi dilakukan imunisasi. Sehingga harapan kami semua orang tua mendukung, semua masyarakat mendukung dan anak usia nol sampai tujuh tahun 11 bulan 29 hari bisa mendapatkan imunisasi polio,” kata Anggit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya