SOLOPOS.COM - Warga memadati Festival Ngemplak 2024 yang diselenggarakan Karang Taruna Bhakti Pertiwi Kampung Ngemplak, Mojosongo, Solo di jalan kampung setempat selama sepekan penuh, mulai Minggu-Sabtu (30-6/6/2024). (Solopos.com/Candra Septian Bantara)

Solopos.com, SOLO– Guna menghidupkan UMKM dan mengasah kreativitas anak-anak muda setempat, Karang Taruna Bhakti Pertiwi Kampung Ngemplak, Mojosongo, Solo menggelar Festival Ngemplak 2024 selama sepekan penuh, Minggu-Sabtu (30-6/6/2024).

Acara bertema Rakyat Berkarya Indonesia Berjaya tersebut dibuka gratis untuk umum mulai pukul 18.00-21.30 WIB di sepanjang jalan kampung setempat.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pantauan Solopos.com, Senin (1/7/2024) malam, jalanan kampung Ngemplak, Mojosongo, tampak begitu ramai dipenuhi ratusan pengunjung. Terdapat 35-an pedagang UMKM turut serta memeriahkan acara tersebut.

Selain berbelanja aneka jajanan makanan, minuman, dan pakaian, para pengunjung terutama anak-anak juga bisa menjajal sejumlah wahana permainan yang disediakan. Seperti trampolin, tempat melukis, arena bermain malam (lilin), hingga berkeliling kampung dengan kereta kelinci.

Ketua Panitia, Eko Saputro, mengatakan Festival Ngemplak 2024 merupakan gelaran kali kedua dalam dua tahun terakhir. Harapannya dengan adanya acara ini perekonomian warga setempat lebih maju dan kreativitas muda-mudi setempat bisa lebih terasah.

“Ajang ini juga sebagai upaya kami agar anak-anak muda di Ngemplak ini yang kebanyakan sedang libur sekolah bisa punya kegiatan yang positif,” kata dia.

Eko, sapaannya, menjelaskan selain ada bazar kuliner, festival ini juga akan menampilkan sejumlah hiburan. Mulai dari musik hingga keroncong yang dimulai pada Selasa (2/6/2024).

“Selasa nanti akan ada perform dari anggota karang taruna berupa musik akustik. Rabu ada penampilan bapak-bapak dengan musik keroncong klasik. Kamis ada reog dan Sabtu sebagai penutup akan mengundang grup musik dari luar,” jelas dia.

Dia menargetkan tidak hanya warga Ngemplak yang bisa menikmati festival tersebut. Melainkan masyarakat umum khususnya warga Kelurahan Mojosongo juga turut meramaikan acara ini.

“Kami sudah sebar pamflet H-30 acara, jadi kami optimistis pengunjung tahun ini bisa lebih banyak daripada tahun lalu,” tandasnya.

Sementara itu, salah warga setempat, Sarti, mendukung penuh kegiatan yang diselenggarakan muda-mudi di wilayahnya. Menurutnya dengan adanya acara ini warga punya hiburan dan memperoleh pendapatan tambahan.

“Saya di sini jualan pakaian. Alhamdulillah tahun ini lebih ramai daripada tahun lalu dan masyarakat juga senang” kata dia.

Dia berharap Festival Ngemplak tahun depan bisa diadakan lagi dengan konsep dan kegiatan yang lebih menarik dan seru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya