SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, bersama Komandan Kodim 0723/Klaten, Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo, dan Wakapolres Klaten, Kompol Tri Wakhyuni, saat pembukaan KBMKB ke-21 di Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Kamis (30/11/2023). (Istimewa/Bagian Prokopim Setda Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Karya Bhakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) ke-21 tahun anggaran 2023 giliran menyasar ke Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum. Upacara pembukaan KBMKB di Ngrundul digelar pada Kamis (30/11/2023).

Perwira Pelaksana KBKMKB, Kapten Cba Budiyono, mengatakan pemilihan Ngrundul sebagai lokasi KBMKB ke-21 karena terbatasnya akses pertanian di wilasyah itu. Hal itu menghambat kegiatan pertanian dan perekonomian.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dari latar belakang tersebut, sasaran pokok kegiatan fisik yakni betonisasi jalan dengan target sepanjang 580 meter, tebal 12 sentimeter, dan lebar 4 meter. Selain itu, pembangunan talut sepanjang 26 meter, lebar 30 sentimeter, dan tinggi 50 sentimeter.

Selain kegiatan fisik, ada sasaran kegiatan nonfisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pencegahan hoaks, serta penyuluhan kesehatan. Karya Bhakti Mandiri Klaten Bersinar di Ngrundul bakal berlangsung selama satu bulan mulai Kamis (30/11/2023) hingga Rabu (27/12/2023).

“Total tenaga harian sebanyak 80 orang terdiri dari 30 prajurit TNI, empat teknisi, dua anggota Polri, empat aparat desa, dan 40 orang masyarakat,” kata Budiyono berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com dari Bagian Prokopim Setda Klaten.

Komandan Kodim (Dandim) 0723/Klaten, Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo, berharap soliditas dan sinergitas jajaran TNI, Polri, Pemkab dan masyarakat semakin erat melalui kegiatan KBMKB.

“Melalui KBMKB ini, soliditas dan sinergitas antara jajaran Forkopimda, TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat juga dapat senantiasa terjalin erat, selama maupun setelah kegiatan ini berlangsung. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, meminta masyarakat untuk bersama-sama bergotong-royong menyukseskan program Karya Bhakti Mandiri Klaten Bersinar di Desa Ngrundul. Dia juga berpesan agar masyarakat dapat bersinergi dengan TNI guna membangun desa.

“Jaga sinergitas dan kemanunggalan dengan TNI karena dengan ini kita bisa membangun desa-desa di Kabupaten Klaten,” ujarnya.

KBMKB merupakan progam lokal daerah terpadu antara TNI dan Pemerintah Daerah yang bertujuan mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah, dengan sasaran pokok peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sudah banyak infrastruktur di berbagai wilayah Klaten yang diperbaiki lewat program ini sepanjang 2023.

Ke depannya, sinergitas dan kemanunggalan antara jajaran Forkopimda, TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat menjadi keutamaan serta perwujudan persatuan dan kesatuan bangsa dalam membangun negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya